Bola Internasional

Termasuk di Timnas Qatar, Ini 6 Pelatih Kelas Dunia yang Tak Pernah jadi Pemain Bola

Senin, 21 November 2022 10:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© The-AFC.com
Termasuk pelatih Timnas Qatar di Piala Dunia 2022, berikut adalah enam pelatih kelas dunia yang tidak pernah mencicipi jadi pemain sepak bola. Copyright: © The-AFC.com
Termasuk pelatih Timnas Qatar di Piala Dunia 2022, berikut adalah enam pelatih kelas dunia yang tidak pernah mencicipi jadi pemain sepak bola.

INDOSPORT.COM - Termasuk pelatih Timnas Qatar di Piala Dunia 2022, berikut adalah enam pelatih kelas dunia yang tidak pernah mencicipi jadi pemain sepak bola.

Sebagaimana diketahui, Piala Dunia 2022 sudah mulai begulir pada Minggu (20/11/22). Timnas Qatar vs Ekuador menjadi partai pembuka dalam ajang empat tahunan itu.

Sayangnya, Timnas Qatar yang bertindak sebagai tuan rumah, kini harus mengakui keunggulan Ekuador dengan kekalahan 0-2.

Pelatih Timnas Qatar, Felix Sanchez Bas mendapat kritik pedas, dan banyak pihak yang mengungkit fakta bahwa sang pelatih memang tidak pernah menjadi pemain bola.

Termasuk Felix Sanchez Bas, berikut ini INDOSPORT merangkum enam pelatih kelas dunia yang tidak pernah jadi pemain bola.

1. Felix Sanchez Bas

Sudah disebutkan sebelumnya jika Felix Sanchez Bas tak pernah berkarier sebagai pemain bola. Lantas, bagaimana ia bisa menjabat sebagai pelatih Timnas Qatar?

Felix Sanchez lahir di Barcelona, tahun 1975. Awalnya, ia merintis karier sebagai pelatih tim muda Barcelona, tahun 1996-2006.

Tahun 2004 silam, federasi sepak bola Qatar membuka Aspire Academy untuk melatih bibit-bibit muda Qatar, dan Felix Sanchez direkrut untuk menjadi pelatih.

Felix melatih akademi sampai tahun 2013, hingga ia ditunjuk menjadi pelatih Timnas Qatar U-19 dan membawa timnya juara di Piala Asia U-19, lolos ke Piala Dunia U-20 2015.

Secara bertahap, Felix Sanchez menjadi pelatih Timnas Qatar U-23 hingga senior. Ia bisa membawa Qatar juara Piala Asia, dan kini mendampingi tim di Piala Dunia 2022.