Liga Indonesia

Hasil Rakor PSSI, LIB dan Polisi Soal Izin Liga 1: Masih Belum Ada Kepastian

Selasa, 29 November 2022 19:19 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Direktur utama LIB, Ferry Paulus saat rakor dengan Kepolisian. Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Direktur utama LIB, Ferry Paulus saat rakor dengan Kepolisian.

INDOSPORT.COM - Rapat koordinasi PSSI, PT LIB dan Kepolisian, Selasa (29/11/22) terkait izin lanjutan Liga 1  belum menemui kepastian. Belum ada ketuk palu atau surat resmi untuk izin tersebut.

Seperti diketahui, kompetisi Liga 1 musim 2022/2023 rencananya akan digulirkan kembali pada 2 Desember mendatang.

Kompetisi akan dimainkan dalam sistem bubble (terpusat) di Jawa Tengah selama enam pekan atau sampai putaran pertama Liga 1 2022/2023 selesai.

Setelahnya, kompetisi Liga 1 akan segera kembali ke format normal yakni home-away pada putaran kedua.  

Namun, dalam rakor hari ini, keputusan soal izin kick-off Liga 1 belum diturunkan. Direktur utama LIB, Ferry Paulus menjelaskan pembahasan siang hingga sore tadi adalah implementasi Perpol 10 2022.

Perpol Nomor 10 itu sendiri lahir sebagai jawaban dari evaluasi penyelanggaraan keamanan dan pengamanan sepakbola.

Perpol yang ditetapkan pada 28 Oktober itu berisi 35 pasal. Aturan baru memuat pra-kegiatan hingga pasca-kegiatan pertandingan sepakbola.

"Hari ini baru saja kami selesai rapat koordinasi dengan pihak kepolisian. Ada beberapa hal yang harus kami kerjakan dalam beberapa hari ke depan," kata Ferry Paulus.

"Utamanya adalah kepolisian bersama dengan PUPR dan Kemenkes akan melakukan verifikasi tentang beberapa tahapan mengenai Perpol 10 2022," Tambah Ferry.

"Dari situ baru nanti akan ada kepastian kapan kick-off, karena kami harus melalui tahapan tadi. Apalagi verifikasi pertama di mana selama ini belum ada peraturan polisi yang baru," imbuhnya.