Piala Dunia 2022

Hasil Piala Dunia 2022 Ekuador vs Senegal: Dramatis! Koulibaly Bawa Singa Teranga ke 16 Besar

Rabu, 30 November 2022 00:04 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS/Dylan Martinez
Skor tipis 1-2 jadi hasil akhir laga terakhir Grup A Piala Dunia 2022 antara Ekuador vs Senegal pada Selasa (29/11/22) malam di Khalifa International Stadium. (Foto: REUTERS/Dylan Martinez). Copyright: © REUTERS/Dylan Martinez
Skor tipis 1-2 jadi hasil akhir laga terakhir Grup A Piala Dunia 2022 antara Ekuador vs Senegal pada Selasa (29/11/22) malam di Khalifa International Stadium. (Foto: REUTERS/Dylan Martinez).

INDOSPORT.COM - Skor tipis 1-2 jadi hasil akhir laga terakhir Grup A Piala Dunia 2022 antara Ekuador vs Senegal pada Selasa (29/11/22) malam di Khalifa International Stadium usai gol Ismaila Sarr dan Kalidou Koulibaly hanya bisa dibalas sekali oleh Moises Caicedo.

Lions of Teranga dengan ini bisa mengamankan satu tiket menuju babak 16 besar membersamai Belanda dengan total perolehan enam poin.

Ini adalah kali kedua bagi Senegal untuk bisa lolos dari fase grup Piala Dunia dalam sejarah keikutsertaan mereka.

Sementara itu La Tri harus puas jadi penempat posisi ketiga saja dan harus angkat koper dari Qatar. Ekuador lagi-lagi gagal menyamai prestasi mereka di edisi 2006 dimana mereka untuk kali pertama melaju ke babak knock-out.

Dengan urgensi lebih untuk meraih kemenangan, Senegal bermain agresif sementara Ekuador terlihat sedikit pasif.

Di 45 menit yang pertama, wakil Afrika dapat melepaskan total 10 tembakan sementara lawannya hanya dua meski tidak unggul dalam hal penguasaan bola.

Senegal langsung mendapatkan peluang emas di menit ketiga lewat crossing Ismail Jakobs yang disambut oleh Idrissa Gana Gueye dengan sepakan first time namun bola masih melebar dari sasaran.

Akurasi masih jadi masalah bagi Senegal di menit 9 dan 12 ketika Boulaye Dia dan Iliman Ndiaye sama-sama gagal untuk membuat kiper Ekuador, Hernan Galindez, melakukan penyelamatan karena bola bahkan tidak menyasar gawang meski kedua pemain punya kans untuk mencetak gol.

Setelah mencoba berkali-kali akhirnya keberuntungan berpihak pada Senegal lewat pemberian penalti hanya tiga menit sebelum babak pembuka habis.

Tekel kotor Piero Hincapie pada Ismaila Sarr di kotak terlarang jadi penyebabnya dang sang winger sendiri yang maju menjadi eksekutor. Tepat di penampilan ke-50 untuk Senegal, Sarr mengkonversi penalti tersebut dengan sangat dingin dan skor 0-1 bertahan hingga jeda.