Liga Indonesia

Ini Alasan 3 Pemain Timnas Indonesia U-20 Belum Gabung Latihan Bersama Persib

Kamis, 1 Desember 2022 14:02 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© PSSI
Robi Darwis, saat laga Timnas Indonesia U-20 vs Timor Leste di Kualifikasi Piala Asia U-20 di Stadion GBT. Foto: PSSI Copyright: © PSSI
Robi Darwis, saat laga Timnas Indonesia U-20 vs Timor Leste di Kualifikasi Piala Asia U-20 di Stadion GBT. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Tiga pemain Timnas Indonesia U-20 belum berlatih bersama Persib Bandung hingga sesi latihan pada Rabu (30/11/22) di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani.

Ketiga pemain Timnas Indonesia U-20 yaitu Robi Darwis, Kakang Rudianto dan Ferdiansyah. Pelatih fisik Persib Bandung, Yaya Sunarya menjelaskan masih diberikan waktu untuk beristirahat dan berkumpul bersama keluarga bagi mereka.

Pasalnya, ketiganya cukup lama berpisah dengan keluarga karena mengikuti program pemusatan latihan atau Training Center (TC) Timnas Indonesia U-20 besutan Shin Tae-yong di Turki dan Spanyol.

TC tersebut merupakan persiapan menghadapi Piala Asia U-20 2023 yang akan berlangsung di Uzbekistan, Maret 2023 mendatang. Selain itu, Timnas Indonesia juga akan menatap Piala Dunia FIFA U-20 2023 yang akan berlangsung pada 20 Mei sampai 11 Juni 2023.

Meski memberikan waktu libur kepada tiga pemain Timnas Indonesia U-20, namun pelatih Persib, Luis Milla, sudah memberikan informasi kepada ketiganya untuk segera bergabung dengan tim, jika Liga 1 2022-2023 digelar dalam waktu dekat.

"Kita sudah koordinasi dengan mereka, tiba hari Sabtu kemarin kita berikan rest, rencanannya Minggu depan gabung," kata Yaya di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Rabu (30/11/22).

"Tapi situasional, seandainya kompetisi bergulir mereka akan dipanggil. Sampai pada satu kesimpulan insya Allah mereka gabung besok (Rabu)," jelas Yaya menambahkan.

Mengenai kondisi fisik, Yaya mengaku tidak khawatir, pasalnya mereka sebelumnya tetap menjalankan program latihan bersama Timnas Indonesia U-20 dan melakoni beberapa pertandingan uji coba.

Hanya saja, yang dikhawatirkan oleh tim pelatih adalah psikologis pemain terutama yang berasal dari Cianjur. Pasalnya, beberapa waktu lalu terjadi gempa di Kabupaten Cianjur.

"Khawatir enggak tapi lebih ke maintenance secara psikologis, karena mereka sudah lama jauh dari keluarga dan berkompetisi untuk dapat tempat (di Timnas)," ungkapnya.

"Ketika datang di sini apalagi yang dari Cianjur akan diberi kesempatan lebih banyak rencananya satu minggu. Tapi dari awal seandainya kompetisi digelar di tanggal 2 (Desember) maka akan dipanggil secepatnya," jelas Yaya.