Liga Indonesia

Liga 1 Segera Mulai Lagi, Teco: Kompetisi Ukraina Bisa Jalan Terus Meski Dilanda Perang

Senin, 5 Desember 2022 09:09 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/Indosport.com
Pelatih Bali United, Pelatih, Stefano Teco Cugurra saat konferensi pers di Graha Persib, Kota Bandung, Sabtu (10/06/22), jelang pertandingan Persib Bandung di Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022. Copyright: © Arif Rahman/Indosport.com
Pelatih Bali United, Pelatih, Stefano Teco Cugurra saat konferensi pers di Graha Persib, Kota Bandung, Sabtu (10/06/22), jelang pertandingan Persib Bandung di Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022.

INDOSPORT.COM - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, menyambut positif kelanjutan Liga 1 2022/2023. Teco sudah yakin liga akan dilanjutkan berdasar apa yang ada di Ukraina.

Ukraina dalam situasi yang kacau menyusul perang dengan Rusia. Tak terhitung berapa jumlah peluru yang sudah ditembakkan kedua belah pihak selama perang berlangsung.

Uniknya, dalam situasi seperti itu, Ukraina masih bisa menggulirkan liga. SC Dnipro untuk sementara masih berada di posisi teratas dengan 35 poin dari 14 laga.

Kompetisi yang masih berjalan di Ukraina menjadi inspirasi Teco untuk menjalankan program selama kompetisi terhenti. Ia berusaha agar pemain dalam level terbaik untuk siap bertanding.

"Saya pikir positif bahwa liga bisa jalan, dengan contoh dari Ukraina. Ada perang di sana, tapi Liga Ukraina jalan, meski tempat netral dan tanpa penonton, liga jalan. Saya pikir di Indonesia tidak ada masalah seperti itu, seharusnya liga juga sudah jalan," kata Teco, Minggu (04/12/22).

Lanjutan kompetisi Liga 1 tinggal hitungan jam lagi. Teco mengaku tim juga sempat terkejut ketika diberitahu harus berangkat ke kota Solo pada Sabtu (03/12/22).

Meski begitu, tim datang dalam kondisi semangat tinggi. Bali United sudah menjalani sesi latihan resmi di Stadion Manahan Solo pada Minggu sore.

"Kita terima kasih sama semua yang bisa bantu liga bisa jalan lagi. Kita bisa nikmati bola lagi. Pemain dan pelatih bisa nikmati di stadion dan suporter bisa nikmati dari televisi," tutur Teco.

Teco sebenarnya lebih senang ketika kompetisi bisa dihadiri suporter lagi. Dukungan suporter sepanjang laga membuat atmosfer kompetisi lebih terasa.

Namun, Teco juga bisa memahami situasi setelah Tragedi Kanjuruhan. Ada 133 suporter dan dua anggota Polri yang meninggal dunia.