Piala Dunia 2022

Sukses Bungkam Brasil, Kroasia ‘Resmi’ Tanggalkan Status Kuda Hitam di Piala Dunia?

Sabtu, 10 Desember 2022 13:35 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© REUTERS/Hannah Mckay
Kemenangan dramatis atas Brasil di Piala Dunia 2022 membuktikan bahwa Kroasia bukan lagi tim nasional berstatus kuda hidam dalam sejarah turnamen ini. (Foto: REUTERS/Hannah Mckay) Copyright: © REUTERS/Hannah Mckay
Kemenangan dramatis atas Brasil di Piala Dunia 2022 membuktikan bahwa Kroasia bukan lagi tim nasional berstatus kuda hidam dalam sejarah turnamen ini. (Foto: REUTERS/Hannah Mckay)

INDOSPORT.COM – Kemenangan dramatis atas Brasil di Piala Dunia 2022 membuktikan bahwa Kroasia bukan lagi tim nasional berstatus kuda hidam dalam sejarah turnamen ini.

Kroasia berhasil menjungkalkan Brasil di perempat final Piala Dunia 2022 dengan skor 4-2 melalui adu penalti setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal, Jumat (09/12/22) di Education Stadium, Qatar.

Tim Samba sejatinya tampil begitu mendominasi jalannya pertandingan. Mereka mati-matian menggembur lini pertahanan Kroasia dari kedua sisi lapangan.

Sayangnya, trio maut Brasil yang terdiri Neymar, Vinicius dan Richarlison kesulitan menembus benteng Kroasia yang sangat rapat.

Di sisi lain, Vatreni juga bermain agresif. Luka Modric dan Mateo Kovacic bekerja keras membangun serangan dari lini tengah hingga mampu mengancam gawang lawan.

Kedudukan imbang 0-0 bertahan hingga berakhirnya 90 menit waktu normal yang memaksa laga dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

Di babak perpanjangan waktu, Brasil berhasil memecah kebuntuan lebih dulu lewat aksi Neymar memanfaatkan umpan terobosan Lucas Paqueta.

Tertinggal 0-1 membuat Kroasia melancarkan counter attack. Hasilnya, Bruno Petkovic mencetak gol di menit ke-117 untuk mengakhiri laga dengan skor imbang 1-1 dan adu penalti pun tak terhindarkan.

Dalam drama adu penalti, Timnas Kroasia justru berhasil meraih kemenangan dengan skor 4-2 atas Timnas Brasil, yang sekaligus memastikan mereka lolos ke semifinal Piala Dunia 2022.

Selanjutnya Kroasia akan berhadapan dengan favorit juara lain dari Amerika Selatan, yakni Argentina, di babak semifinal Piala Dunia 2022 pada 14 Desember 2022.

Kemenangan Kroasia ini membuat Brasil memperpanjang kutukan ranking 1 tak pernah juara Piala Dunia sekaligus gagal menghapus kutukan babak 8 besar di Piala Dunia.

Bukan hanya itu, hasil pertandingan ini semakin membuktikan bahwa Kroasia adalah tim yang tak seharusnya dianggap remeh, khususnya di babak sistem gugur turnamen empat tahunan ini.