Piala Dunia 2022

5 Pemain Asia dengan Penampilan Terbanyak di Sejarah Piala Dunia

Senin, 12 Desember 2022 17:32 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Getty Images
Makoto Hasebe, kapten Timnas Jepang dalam konferensi pers pra laga Jepang vs Kolombia di Piala Dunia 2018. Copyright: © Getty Images
Makoto Hasebe, kapten Timnas Jepang dalam konferensi pers pra laga Jepang vs Kolombia di Piala Dunia 2018.

INDOSPORT.COM - Piala Dunia biasanya didominasi pemain hebat asal Eropa atau Amerika Latin. Tetapi, ada sejumlah pemain asal Asia yang turut meramaikan gelaran Piala Dunia.

Di Piala Dunia 2022 ini, seluruh tim asal Asia memang sudah tersingkir dan hanyha sampai di babak 16 besar saja.

Meski begitu, negara-negara Asia ini setidaknya pernah mengguncang dunia, khususnya di Piala Dunia 2002 saat Korea Selatan dan Jepang menjadi tuan rumahnya.

Kini, Korea Selatan dan Jepang menjadi dua tim yang paling sering ikut serta dalam Piala Dunia. Tak heran jika pemainnya punya banyak penampilan dalam ajang ini.

Berikut lima pemain Asia dengan penampilan terbanyak di Piala Dunia.

Makoto Hasebe (Jepang) - 11

Makoto Hasebe memimpin Jepang di tiga edisi Piala Dunia pada 2010 hingga 2018. Debut internasionalnya sendiri terjadi pada 2006.

Piala Dunia 2010 adalah Piala Dunia pertamanya setelah ditunjuk kapten tim karena Yoshikatsu Kawaguchi adalah kiper cadangan ketiga.

Pengumuman pengunduran diri Hasebe terjadi setelah kekalahan Jepang 2-3 dari Belgia di Piala Dunia 2018. Total, bek 38 tahun ini sudah 11 kali tampil di Piala Dunia.

Sejak saat itu, ban kapten diserahkan kepada Maya Yoshida. Kini, Hasebe bermain di Eintracht Frankfurt, klub asal Jerman.