Piala Dunia 2022

Academie Mohammed VI de Football: Akademi Bikinan Raja yang Buat Maroko Sukses di Piala Dunia 2022

Selasa, 13 Desember 2022 11:45 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Bernadett Szabo
Selebrasi para pemain Maroko usai menang atas Spanyol dalam drama adu penalti di babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Bernadett Szabo). Copyright: © REUTERS/Bernadett Szabo
Selebrasi para pemain Maroko usai menang atas Spanyol dalam drama adu penalti di babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Bernadett Szabo).

INDOSPORT.COM – Mengenal Academie Mohammed VI de Football, sebuah akademi bikinan sang raja yang buat Maroko sukses di Piala Dunia 2022.

Maroko menjadi tim tersukses di Piala Dunia 2022 ini, kendati belum meraih gelar apa pun dan baru mencapai babak semifinal.

Namun pencapaian tim berjuluk Singa Atlas ini hingga menembus babak semifinal merupakan pencapaian tersendiri bagi wakil Afrika tersebut.

Di event empat tahunan itu, Maroko mampu menciptakan kejutan demi kejutan di fase grup hingga mencetak sejarah lolos ke semifinal Piala Dunia 2022.

Maroko membuat kejutan pertamanya di babak grup, kala mengungguli peringkat kedua dan ketiga Piala Dunia 2018 lalu, Kroasia dan Belgia.

Usai lolos babak grup Piala Dunia 2022, Maroko kembali membuat kejutan dengan menyingkirkan tim unggulan, Spanyol, di babak 16 besar lewat drama adu penalti.

Kejutan pun tak terhenti begitu saja. Di babak perempat final, lagi-lagi anak asuh Walid Regragui mampu memecundangi dan menyingkirkan tim unggulan lainnya, yakni Portugal.

Kiprah itu kemudian membuat Maroko menembus semifinal dan menjadi tim pertama Afrika yang mampu menembus babak empat besar Piala Dunia.

Keberhasilan ini juga membuat Maroko mencetak sejarah tersendiri dengan mencapai babak semifinalnya sejak berpartisipasi di Piala Dunia.

Kiprah sukses Maroko ini tak lepas dari para pemainnya dan juga program sukses di negaranya yang bernama Academie Mohammed IV de Football.