In-depth

Berbakat tapi Butuh Jam Terbang, 3 Bocah Juventus Ini Harus Rela Jadi Spesialis Pinjaman

Rabu, 14 Desember 2022 11:37 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS-Massimo Pinca
Klub Liga Italia (Serie A), Juventus, memiliki sejumlah pemain muda berbakat yang masih membutuhkan lebih banyak jam terbang di level senior. Foto: REUTERS-Massimo Pinca. Copyright: © REUTERS-Massimo Pinca
Klub Liga Italia (Serie A), Juventus, memiliki sejumlah pemain muda berbakat yang masih membutuhkan lebih banyak jam terbang di level senior. Foto: REUTERS-Massimo Pinca.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Italia (Serie A), Juventus, memiliki sejumlah pemain muda berbakat yang masih membutuhkan lebih banyak jam terbang di level senior.

Juventus sendiri termasuk klub yang dikenal luas dengan pembinaan pemain muda yang cukup sukses di kancah sepak bola Negeri Pizza.

Mereka bahkan jadi satu-satunya klub papan atas yang memiliki reserve team sendiri, Juventus Next Gen, yang berakar dari tim U-23 yang berkompetisi di Serie C.

Namun dengan merebaknya para wonderkid dan pemain muda di Juventus, klub mau tidak mau harus melepas beberapa di antaranya untuk merantau ke tempat lain.

Mereka tentu percaya, meminjamkan pemain mudanya ke klub lain akan menuai banyak manfaat di kemudian hari.

Nicolo Fagioli Jadi Contoh

Salah satu contoh yang paling jelas adalah Nicolo Fagioli, yang selama musim lalu menghabiskan masa peminjaman di Cremonese.

Rapornya selama jadi pemain pijaman di sana pun tergolong memuaskan. Ia berhasil mengantarkan Cremonese finis di peringkat dua Serie B untuk kemudian naik kasta ke Serie A.

“Saya memulai perjalanan di Juventus dari Giovanissimi Nazionali, Allievi, Primavera, lalu U-23, dan dipinjamkan ke Cremonese di Serie B,” ucapnya seperti dikutip dari laman resmi klub.

Meski begitu, berkat peminjaman itulah Nicolo Fagioli kini tumbuh sebagai pemain yang lebih dewasa dan menjadi top player di skuad Juventus saat ini.

Tentu saja, Juventus masih memiliki stok pemain muda yang bisa mereka sulap seperti Nicolo Fagioli yang sukses saat ini.