Liga Indonesia

Duel Bali United vs Borneo FC di Liga 1, Teco Berharap Wasit Lebih Siap

Rabu, 14 Desember 2022 15:51 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/Indosport.com
Pelatih Bali United, Pelatih, Stefano Teco Cugurra saat konferensi pers di Graha Persib, Kota Bandung, Sabtu (10/06/22), jelang pertandingan Persib Bandung di Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022. Copyright: © Arif Rahman/Indosport.com
Pelatih Bali United, Pelatih, Stefano Teco Cugurra saat konferensi pers di Graha Persib, Kota Bandung, Sabtu (10/06/22), jelang pertandingan Persib Bandung di Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022.

INDOSPORT.COM - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, meminta para wasit lebih siap saat memimpin laga timnya melawan Borneo FC di Stadion Sultan Agung, Bantul, Kamis (15/12/22). Kedua tim sedang bersaing di papan atas klasemen Liga 1 2022/2023.

Kualitas wasit Liga 1 sedang menjadi sorotan dalam beberapa hari terakhir. Ada banyak salah keputusan fatal hingga merugikan tim yang bertanding.

Bali United cukup dirugikan saat gol M Rahmat ke gawang Madura United tak disahkan wasit. Padahal, dari tayangan ulang televisi, Rahmat dalam posisi onside, namun wasit mengklaim Rahmat offside.

Hal ini juga dialami Borneo FC ketika laga melawan PSS Sleman. Gol Matheus Pato yang sah justru dianggap offside. Padahal bomber asal Brasil dalam posisi onside.

Selain dua keputusan itu, ada banyak keluhan terkait kinerja wasit di Liga 1. Bahkan, pelatih Persebaya, Aji Santoso, sampai membawa rekaman video saat Ahmad Nufiandani ditabrak kiper Persik Kediri di kotak terlarang.

Maka, Teco meminta laga pertemuan dua tim papan atas ini bisa dipimpin wasit yang benar-benar siap.

"Saat lawan Madura, kita seharusnya bisa menang lebih mudah, karena kita cetak gol, tapi hakim garis kasih offside. Saya nonton Borneo, Pato juga cetak gol. Menurut saya itu seharusnya gol. Jadi, mudah-mudahan wasit benar-benar pimpin dengan bagus. Tim yang main lebih bagus bisa menang," kata Teco, Rabu (14/12/22).

Teco menuturkan, masa persiapan menuju partai melawan Borneo FC dimaksimalkan untuk recovery kebugaran pemain.

Pasalnya, jarak dari laga Madura United menuju partai melawan Borneo FC hanya dua hari. Maka, recovery menjadi fokus utama tim pelatih Serdadu Tridatu.

"Kita fokus pada recovery buat pemain punya tenaga waktu lawan Borneo. Kita tahu Borneo adalah tim yang kuat, ada di papan atas dan punya poin yang sangat dekat," tutur Teco.