In-depth

Tak Masuk Kalender FIFA, 3 Alasan Timnas Indonesia Mati-matian Tatap Piala AFF 2022

Kamis, 15 Desember 2022 10:16 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© PSSI
Piala AFF 2022 tidak masuk dalam kalender FIFA. Namun ada beberapa alasan yang membuat Timnas Indonesia mati-matian mempersiapkan skuad menyambut turnamen ini. (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Piala AFF 2022 tidak masuk dalam kalender FIFA. Namun ada beberapa alasan yang membuat Timnas Indonesia mati-matian mempersiapkan skuad menyambut turnamen ini. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM – Piala AFF 2022 memang tidak masuk dalam kalender FIFA. Namun ada beberapa alasan yang membuat Timnas Indonesia mati-matian mempersiapkan skuad menyambut turnamen ini.

Sepekan setelah Piala Dunia 2022 tuntas, fans Timnas Indonesia akan menyaksikan tim kesayangannya beraksi di Piala AFF 2022 yang akan bergulir pada 23 Desember 2023 hingga 16 Januari 2023 mendatang.

Timnas Indonesia menjadi salah satu negara yang berpartisipasi di dalamnya, dan akan bersaing dengan sembilan negara ASEAN lainnya untuk merengkuh trofi.

Pada Piala AFF 2022 ini, skuad Garuda tergabung di grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan tim debutan yang baru comeback, yakni Brunei Darussalam.

Dalam Piala AFF 2022 ini, Timnas Indonesia menurunkan skuad terbaik. Sebanyak 28 pemain dipanggil oleh Shin Tae-yong menjalani training center (TC) di Bali sejak November.

Pemain naturalisasi anyar seperti Sandy Walsh dan Jordi Amat turut dipanggil pelatih Shin Tae-yong. Mereka menggenapi dua wajah naturalisasai lama yakni Marc Klok dan Ilija Spasojevic.

Selain itu juga ada pemain abroad yakni Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Pratama Arhan, hingga Asnawi Mangkualam.

Bahkan, Shin Tae-yong rela terbang ke Inggris demi meminta ijin klub Elkan Baggott di Ipswich Town dan Gillingham FC untuk mengunakan jasa bek keturunan.

Untuk diketahui, Piala AFF bukanlah turnamen yang masuk dalam kalender induk sepak bola dunia FIFA. Lantas mengapa turnamen AFF ini diselenggarakan.

Dirangkum oleh INDOSPORT, terdapat tiga alasan mengapa Piala AFF 2022 dianggap penting oleh tim Asia Tenggara, khususnya oleh Indonesia.