Piala Dunia 2022

14 Rekor Bersejarah yang Diciptakan Lionel Messi Pasca Bawa Argentina Juara Piala Dunia 2022

Selasa, 20 Desember 2022 09:01 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS-Kai Pfaffenbach
Lionel Messi dari Argentina mengangkat trofi Piala Dunia 2022 bersama rekan satu timnya REUTERS-Kai Pfaffenbach Copyright: © REUTERS-Kai Pfaffenbach
Lionel Messi dari Argentina mengangkat trofi Piala Dunia 2022 bersama rekan satu timnya REUTERS-Kai Pfaffenbach

INDOSPORT.COM – Keberhasilan membawa Argentina juara Piala Dunia 2022 ternyata sekaligus membawa Lionel Messi mencetak 14 rekor bersejarah. Apa saja itu?

Argentina dan Lionel Messi akhirnya berhasil meraih gelar juara Piala Dunia 2022, setelah sempat gagal pada edisi 2014 silam.

Keberhasilan ini didapatkan setelah pemain berjuluk La Pulga itu mengantarkan Argentina menumbangkan Prancis di partai puncak, Minggu (18/12/22) malam WIB.

Dalam laga yang dihelat di Stadium Lusail tersebut, La Albiceleste, julukan Argentina, mengunci gelar juara setelah menang lewat drama adu penalti atas Prancis dengan skor 4-2.

Adu penalti ini menjadi penentu pemenang ajang ini setelah kedua tim bermain imbang selama 120 menit dengan skor 3-3.

Sejatinya, Argentina mampu unggul 2-0 terlebih dulu lewat Lionel Messi dan Angel Di Maia, sebelum akhirnya Prancis mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat Kylian Mbappe di 10 menit terakhir waktu normal.

Di babak tambahan waktu, Argentina sempat kembali unggul 3-2 lewat aksi Messi. Namun lagi-lagi Mbappe memaksa hasil imbang sehingga laga berlanjut di babak adu penalti.

Di babak adu penalti untuk menentukan juara Piala Dunia 2022 ini, empat eksekutor Argentina berhasil menuntaskan tugasnya.

Berbanding terbalik, dua dari empat eksekutor Prancis justru gagal menceploskan bola ke gawang, sehingga Argentina keluar sebagai juara Piala Dunia 2022.

Selain mengantarkan Argentina meraih juara Piala Dunia 2022, Lionel Messi yang mencetak dua gol di final kontra Prancis itu juga mencetak sederet catatan bersejarah. Apa saja itu?