Liga Indonesia

Piala AFF: Respons 3 Pemain Naturalisasi Jelang Laga Timnas Indonesia vs Kamboja

Jumat, 23 Desember 2022 16:44 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Latihan Timnas Indonesia Senior jelang laga Piala AFF 2022 melawan Kamboja di Stadion GBK, Selasa (20/12/22). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Latihan Timnas Indonesia Senior jelang laga Piala AFF 2022 melawan Kamboja di Stadion GBK, Selasa (20/12/22).

INDOSPORT.COM - Tiga pemain naturalisasi, Jordi Amat, Marc Klok, dan Ilija Spasojevic akan menjadi andalan timnas Indonesia di Piala AFF 2022. 

Ketiganya berpeluang dimainkan pada laga perdana Grup A melawan Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Jumat (23/12/22). Inilah kali pertama mereka dipanggil untuk Piala AFF.

Ketiganya sangat antusias. Jordi Amat baru saja resmi menjadi WNI, Marc Klok absen dari AFF edisi sebelumnya karena terkendala izin, sedangkan Spasojevic tidak dipanggil tahun lalu.

Sebelum laga perdana kontra Kamboja, Jordi Amat mengaku sedikit sedih karena rekannya, Sandy Walsh, batal mentas di Piala AFF karena tidak mendapat izin dari klubnya di Belgia. Keduanya sama-sama disumpah WNI pada 17 November silam.

"Sangat disayangkan dia tidak bisa bergabung bersama kami. Klubnya tak mengizinkan ia datang. Dia juga sempat menyatakan rasa sedih dan kecewa karena tak bisa bergabung. Tentu nanti ada kesempatan berikutnya (Piala Asia)," ujar Jordi Amat.

Meski tanpa Sandy Walsh, Jordi Amat menyatakan timnas Indonesia tetap punya kekuatan terbaik. Mereka telah melakukan persiapan matang di Bali selama tiga minggu.

"Seperti yang saya sampaikan, kami adalah tim yang kuat dan kami penuh persiapan. Jadi kini kami menanti untuk menampilkan yang terbaik," kata pemain berdarah Spanyol itu.

Sementara itu, Marc Klok menjelaskan bahwa kekompakan tim sudah terbangun sejak lama. Para pemain telah bersama sejak SEA Games 2021 dan Kualifikasi Piala Asia 2023 serta laga uji coba kontra Curacao beberapa waktu lalu.

Tidak banyak perubahan susunan pemain yang dipanggil Shin Tae-yong, sehingga Klok yakin skuad Garuda akan tampil apik di Piala AFF 2022

"Seperti saya bilang tadi, saya juga tak ada di AFF kemarin, tapi dari awal SEA Games kemarin, waktu TC di Korea Selatan sudah bersama. Kami sudah punya chemistry sangat baik dan saya senang bisa berada di sini," ucap pemain Persib Bandung itu.