In-depth

Momen Liverpool Puncaki Klasemen saat Natal tapi Gagal Juara Liga Inggris, Gara-gara Man City!

Senin, 26 Desember 2022 14:16 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Reuters/Andrew Boyers
Sejak 2010, Liverpool tiga kali gagal memenangkan Liga Inggris meski mampu menduduki puncak klasemen pada saat Natal. Biang keroknya adalah Manchester City. (Foto: Reuters/Andrew Boyers) Copyright: © Reuters/Andrew Boyers
Sejak 2010, Liverpool tiga kali gagal memenangkan Liga Inggris meski mampu menduduki puncak klasemen pada saat Natal. Biang keroknya adalah Manchester City. (Foto: Reuters/Andrew Boyers)

INDOSPORT.COM – Sejak 2010, Liverpool tiga kali gagal memenangi Liga Inggris meski mampu menduduki puncak klasemen pada saat Natal. Siapa lagi biang keroknya kalau bukan Manchester City.

Liga Inggris 2022-2023 akhirnya kembali berlanjut setelah jeda Piala Dunia 2022 dan gelaran dua turnamen lokal Piala Liga Inggris dan Piala FA.

Sejauh ini, Arsenal masih menduduki posisi puncak klasemen sementara. Pasukan Mikel Arteta mengantongi 37 poin, unggul 5 angka dari sang juara bertahan Manchester City.

The Gunners berpeluang besar mempertahankan posisi di puncak jika memetik kemenangan melawan West Ham pada Boxing Day yang digelar Selasa (27/2/22) dini hari WIB.

Posisi mereka tersebut bakal tak terkejar Manchester City, sekali pun anak asuh Pep Guardiola menang di pertandingan tandang melawan Leeds United pada Kamis (29/12/22).

Catatan ini menjadi pertanda bagus. Sebab, dalam sembilan tahun terakhir pemuncak klasemen saat Natal selalu punya kans besar sebagai juara di akhir musim.

Skenario ini juga menghindarkan Arsenal bernasib sama dengan Liverpool yang pernah tiga kali gagal menjuarai Liga Inggris meski mampu memuncaki klasemen tepat di hari Natal.

Pada sembilan edisi sebelumnya sejak 2010, hanya tiga kali pemimpin klasemen pada hari natal gagal juara. Ketiganya itu dialami oleh Liverpool pada musim 2013-2014, 2018-2019 daan 2020-2021.

Selebihnya selalu juara. Termasuk juga Liverpool yang mampu mengakhiri dua kutukan sebelumnya pada 2019-2020.

INDOSPORT mengupas satu per satu momen Liverpool tiga kali disalip oleh Manchester City di puncak klasemen usai hari Natal dan akhirnya gagal menjuarai Liga Inggris.