Bola Internasional

Insiden Suporter di Laga Kontra Thailand, Media Malaysia Sebut PSSI Bisa Disanksi FIFA

Jumat, 30 Desember 2022 20:09 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Subhan Wirawan
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Thailand pada laga Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Kamis (29/12/22). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Thailand pada laga Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Kamis (29/12/22).

INDOSPORT.COM – Media Malaysia menyebut PSSI bisa kembali disanksi FIFA usai suporter melakukan tindakan kurang sportif di laga Timnas Indonesia vs Thailand pada Piala AFF 2022.

Matchday ketiga Piala AFF 2022 Grup A mempertemukan Timnas Indonesia vs Thailand yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno pada Kamis (29/12/22).

Skuat Garuda harus ditahan imbang pasukan Mano Polking dengan skor 1-1. Di mana hasil ini membuat timnas Indonesia harus rela berbagi poin dengan Thailand.

Gol semata wayang timnas Indonesia berhasil dicetak Marc Klok melalui tendangan penalti menit ke-50. Sementara Thailand menyamakan kedudukan lewat Sarach Yooyen pada menit ke-79.

Dengan hasil imbang ini, tim asuhan Shin Tae-yong bertengger di posisi kedua klasemen Grup A dengan torehan 9 poin, kalah selisih gol dengan Thailand yang kokoh di posisi puncak.

Namun, pertandingan antara timnas Indonesia vs Thailand harus diwarnai momen kurang pantas dari suporter sebelum laga berlangsung.

Beberapa oknum suporter timnas Indonesia melempari bus Thailand dengan batu dan mengacungkan jari tengah ke pemain Thailand sebelum pertandingan berlangsung.

Tentu saja, momen ini lantas menjadi viral di sosial media, bahkan disoroti banyak media asing. Salah satunya, media Malaysia Makan Bola, yang menyebut PSSI bisa disanksi FIFA atas kejadian ini.

“Kejadian ini bisa membuat PSSI mendapat hukuman keras dari badan sepak bola internasional yang melibatkan AFF, AFC dan FIFA, termasuk kemungkinan bermain tanpa penonton (di laga melawan Filipina),” tulis media Malaysia.

Media Malaysia, Makan Bola turut menyebut PSSI pernah mendapat sanksi FIFA pada dua tahun lalu usai suporter Garuda melakukan keributan di laga timnas Indonesia vs Malaysia pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022.