Bola Internasional

4 Catatan Rekor Pele yang Sulit Dipecahkan di Dunia Sepak Bola Bahkan Oleh Messi dan Ronaldo

Sabtu, 31 Desember 2022 22:04 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Action Images via Reuters/File Photo
Pele saat masih bermain untuk Santos. Foto: Action Images via Reuters/File Photo. Copyright: © Action Images via Reuters/File Photo
Pele saat masih bermain untuk Santos. Foto: Action Images via Reuters/File Photo.

INDOSPORT.COM - Pele sebagai salah satu legenda sepak bola dunia, ternyata memiliki banyak prestasi yang membanggakan bahkan sulit untuk dilewati oleh pemain lain.

Kabar duka datang dari dunia sepak bola usai legenda sepak bola Brasil, Pele dikabarkan wafat selepas berjuang menghadapi penyakit kanker.

Hal ini diungkap oleh wartawan sepak bola terkemuka, Fabrizio Romano dalam unggahan terbarunya pada hari Jumat (30/12/22) dini hari WIB.

“Legenda sepak bola Brasil, Pele telah wafat. Salah satu pemain terbaik di dunia yang bisa mengubah dunia sepak bola,” tulis Romano.

“Seorang yang diberkahi talenta hebat, salah satu pemain paling unggul dalam sejarah yang akan terus berada dalam ingatan. Pele adalah sepak bola, rasa hormat tertinggi saya berikan pada keluarga,” imbuh Romano.

Kondisi kesehatan legenda sepak bola Brasil, Pele belakangan memang disebut mengalami penurunan ketika menghadapi penyakit kanker.

Beberapa waktu lalu, Pele disebut sudah mengucapkan selamat tinggal dari ranjang rumah sakit, mengingat kondisinya yang mulai memprihatinkan.

Hal ini diungkap pengusaha dan penggemar Chelsea, Frank Khaled sempat mengungkap pada hari Senin (26/12/22) dalam sebuah kicauan.

Bahkan, legenda berusia 82 tahun itu disebut sudah sempat dipindahkan ke ruang perawatan akhir hayat saat Brasil berjuang di gelaran Piala Dunia 2022.

Legenda bernama lengkap Edson Arantes do Nascimento ini menderita kanker usus yang dikabarkan sudah mulai menjalar ke bagian vital, seperti usus, paru-paru, hingga hati.

Selain penyakit yang sudah lama dideritanya, kondisi kesehatan Pele juga kerap terganggu. Dia juga sempat dilarikan ke rumah sakit karena Covid-19.

Meski sosoknya yang sudah pergi menghadap Tuhan akibat kesehatannya yang menurun, Pele ternyata mempunyai prestasi gemilang sewaktu masih hidup terutama saat menjadi pesepakbola.

Prestasi itu tidak hanya individu tapi juga untuk tim dan negaranya. Selain itu, Pele juga banyak menorehkan rekor yang sulit dipecahkan oleh pemain-pemain masa kini, bahkan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Apa saja itu?