Bola Internasional

Masterclass Seorang Park Hang-seo: Buat Timnas Indonesia Mati Kutu hingga Rekor Vietnam di Piala AFF

Selasa, 10 Januari 2023 11:35 WIB
Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ragam aksi dan ekspresi pelatih Vietnam Park Hang-seo pada official training jelang babak semifinal Piala AFF 2022 melawan Timnas Indonesia di stadion GBK, Kamis (05/01/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ragam aksi dan ekspresi pelatih Vietnam Park Hang-seo pada official training jelang babak semifinal Piala AFF 2022 melawan Timnas Indonesia di stadion GBK, Kamis (05/01/23).

INDOSPORT.COM - Park Hang-seo menjadi otak dari keberhasilan Vietnam mengalahkan Timnas Indonesia dalam partai semifinal leg kedua Piala AFF 2022/2023.

Dalam duel di My Dinh Stadium, Selasa (09/01/23), strategi Park Hang-seo berhasil membuat Timnas Indonesia tidak berkembang.

Setelah bermain imbang 0-0 di pertemuan pertama, Vietnam akhirnya keluar sebagai pemenang dengan skor 2-0 berkat gol yang diciptakan Brace Nguyen Tien Linh di menit ke-3 dan ke-47.

Park Hang-seo berujar bahwa hasil imbang pada leg pertama menjadi bahan evaluasi Vietnam menatap laga kedua. Pelatih asal Korea Selatan ini pun sangat detail mempelajari kekuatan Skuad Garuda.

"Di leg pertama di Indonesia, kami bermain 3-4-3. Setelah kembali ke rumah, kami dengan hati-hati menganalisis lawan Indonesia," kata Park Hang Seo seperti dinukil dari Soha, Selasa (10/01/23).

Dibandingkan dengan leg pertama, Park Hang-seo tidak terlalu banyak mengubah susunan pemaib serta filosofi bermain sepak bola tim Vietnam. Perubahan  terbesar ada dalam aspek psikologis, dan berjalan efektif.

Do Duy Manh yang menjadi titik lemah saat laga pertama di Gelora Bung Karno, digantikan oleh Nguyen Thanh Chung, pemain yang lebih muda namun tapi memiliki ketenangan di area pertahanan sendiri.

Vietnam memainkan 5 bek saat melawan Indonesia, kehadiran Nguyen Thanh Chung - Que Ngoc Hai - Bui Tien Dung, menjadikan kiper Vietnam, Dang Van Lam lebih tenang mengawan gawang.

Dalam 90 menit, pemain Timnas Indonesia melepaskan 9 kali tembakan, namun sama sekali tak mampu menciptakan ancaman yang berarti ke gawang Vietnam.

Di sisi lain, tim tuan rumah membukukan sejumlah peluang yang berbahaya sehingga mampu menumbangkan skuad Merah Putih dua gol tanpa balas untuk melaju ke final.