Bola Internasional

5 Pemain Usia 30+ Tahun yang Masih Laku Keras, Eks Man United ke Bayern Munchen

Jumat, 13 Januari 2023 13:22 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Matthew Peters/Man Utd via Getty Images
Daley Blind. Copyright: © Matthew Peters/Man Utd via Getty Images
Daley Blind.

INDOSPORT.COM - Pemain sepak bola sudah memasuki usia 30+ tahun disebut sudah uzur. Namun para pemain ini masih laku keras, termasuk eks Manchester United. 

Melewati usia 30 tahun, memang menjadi tantangan tersendiri untuk para pemain jika sedang mencari klub baru. Karena usia sudah tidak lagi muda. 

Fenomena ini bisa kita lihat dalam diri striker asal Rusia Artem Dzyuba yang kontraknya selesai bersama Zenit St. Petersburg di akhir musim 2021/2022 kemarin. 

Dia sempat gabung dengan klub Turki Adana Demirspor, namun pada awal November, kontraknya diputus secara kesepakatan bersama. 

Begitu juga dengan striker Rusia lainnya, yakni Alan Dzagoev yang kontraknya berakhir dengan CSKA Moscow harus rela menurunkan level dengan gabung Rubin Kazan di kasta kedua. 

Penyerang top sekaliber Diego Costa bahkan pernah berstatus tanpa klub sebanyak dua kali. Yang pertama ketika kontraknya berakhir dengan Atletico Madrid pada Januari 2021. 

Dia sempat pulang ke Brasil untuk gabung bersama Atletico Mineiro pada Agustus 2021 yang kontraknya berakhir pada Januari 2022. 

Striker yang terkenal bengis ini harus menunggu 9 bulan lamanya sebelum direkrut Watford pada September 2022 kemarin. 

Namun kesulitan yang dialami para pemain di atas, tidak terjadi pada 5 pemain yang berusia 30 tahun ke atas, yang masih laku keras. 

Bahkan beberapa di antaranya yang sempat main di klub-klub gurem, berhasil kembali ke level tertinggi dengan gabung klub top. Berikut rangkuman 5 pemain veteran yang laku keras.