Liga Indonesia

Liga 1 Tanpa Degradasi, Kapten Persib Bandung: Sangat Mencederai Sportivitas

Minggu, 15 Januari 2023 18:39 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/INDOSPORT
Bek Persib Bandung, Achmad Jufriyanto di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Senin (26/12/22). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Bek Persib Bandung, Achmad Jufriyanto di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Senin (26/12/22).

INDOSPORT.COM - Kapten tim Persib Bandung, Achmad Jufriyanto, mempertanyakan keputusan PSSI yang menghentikan kompetisi Liga 2 2022-2023 dan Liga 1 tanpa degradasi.

Pasalnya, keputusan dihentikannya kompetisi Liga 2022-2023 yang sebelumnya sudah sempat berjalan, berdampak ke Liga 1 yang saat ini sedang bergulir dengan ditiadakannya regulasi degradasi.

Menurut Jupe sapaan akrabnya, ditiadakannya regulasi degradasi di kompetisi Liga 1 2022-2023 sangat merusak nilai sportivitas dalam kompetisi.

Lantaran, sangat rawan terjadinya hal yang tidak diinginkan dalam pertandingan, diantaranya pengaturan skor.

"Sangat tidak sesuai dengan sistem sportif yang ada di kompetisi," kata pemain yang turut mengantarkan Persib meraih gelar juara Indonesia Super League (ISL) 2014 ini.

"Kalau misalnya nanti Liga 2 dan Liga 3 gak ada, kan agak bingung juga, siapa yang turun, siapa yang naik. Sangat mencederai sportivitas kalau menurut saya," tegas Jupe menambahkan.

Sebagai pemain sepak bola, Jupe berharap PSSI bisa mempertimbangkan kembali untuk melanjutkan kompetisi Liga 2 2022-2023. Karena, dalam kompetisi sepak bola dibutuhkan promosi dan degradasi.

Dengan adanya regulasi dan degradasi, tim peserta kompetisi pasti akan berusaha menampilkan permainan terbaiknya dan bersaing menjadi yang terbaik. Karena, ada target yang ingin diraih.

Sedangkan jika regulasi degradasi ditiadakan, maka peluang terjadinya pengaturan skor dalam pertandingan sangat besar terjadi.

"Jadi harapannya mungkin bisa dipertimbangkan kembali untuk Liga 2 dan Liga 3 bergulir kembali, karena perlu adanya promosi dan degradasi. Kalau misalnya seperti ini rawan banget pengaturan skor dan lain-lain yang kita gak tahu," ungkapnya.

Sejauh ini, Jupe bersama rekan-rekannya di Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) masih mencari solusi, agar kompetisi Liga 2 2022-2023 bisa dilanjutkan kembali dan regulasi promosi serta degradasi diterapkan lagi di Liga 1 2022-2023.