Liga Indonesia

Liga 1: Persis Solo vs Persija Jakarta di Sleman Tanpa Penonton, Ini Respons Pasoepati

Rabu, 18 Januari 2023 15:36 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Dok. DPP Pasoepati
Suporter Pasoepati buka suara soal laga Liga 1 Persis Solo vs Persija Jakarta di Sleman yang akan digelar tanpa penonton. Foto: Dok. DPP Pasoepati. Copyright: © Dok. DPP Pasoepati
Suporter Pasoepati buka suara soal laga Liga 1 Persis Solo vs Persija Jakarta di Sleman yang akan digelar tanpa penonton. Foto: Dok. DPP Pasoepati.

INDOSPORT.COM - Suporter Pasoepati menghormati keputusan tanpa penonton di laga Liga 1 2022/2023 Persis Solo vs Persija Jakarta di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (19/1/23). Mereka meminta Alexis Messidoro dkk. tetap semangat.

Keputusan laga berstatus tanpa penonton datang setelah manajemen Persis Solo menggelar rapat koordinasi di Mapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Senin (16/1/23).

Hasil dari rapat koordinasi itu kemudian dirilis melalui surat resmi dengan nomor R/REK/6/I/Yan2.14/2023/Intelkam yang diterbitkan Polres Sleman.

Keputusan tersebut diambil setelah dilakukan penilaian terhadap risiko potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata terhadap kegiatan, dari sisi keamanan serta ketertiban umum.

Surat resmi ini sudah diumumkan Persis Solo melalui media sosial. Suporter setianya yang hendak berangkat ke Sleman pun harus menahan diri karena penjualan tiket pertandingan dibatalkan.

"Ya mau bagaimana lagi, itu hasil dari rapat. Mau tidak mau ya kita ikuti, padahal sebenarnya Pasoepati siap allout," kata wakil sekjen DPP Pasoepati, Muhammad Isnaini, Selasa (17/1/23).

Isnaini menurutkan Pasoepati ingin berangkat ke Sleman karena hubungan dengan suporter DIY, khususnya Brajamusti dan Maident sudah membaik.

Setelah Tragedi Kanjuruhan lalu, suporter Solo, termasuk Pasoepati, menjalin hubungan baik lagi dengan suporter PSIM, setelah bertahun-tahun bermusuhan.

"Hubungan suporter Jogja, Sleman, Solo baik-baik saja, tapi mungkin ada pertimbangan-pertimbangan lain yang kita tidak ketahui," tutur Isnaini.

Setelah partai melawan Persija Jakarta, Persis Solo kembali menggelar laga kandang di Stadion Maguwoharjo dengan melawan Persikabo 1973, Senin (23/1/23).

Beredar kabar bahwa laga itu juga akan digelar tanpa penonton. Terkait hal itu, DPP Pasoepati masih berharap agar laga kandang selanjutnya boleh disaksikan secara langsung.

"Kita kembalikan lagi ke pihak panitia penyelenggara dan keamanan. Besar harapan kami untuk laga selanjutnya diizinkan untuk hadir support langsung tim kebanggaan saat bermain," jelas Isnaini.

Pasoepati sudah membuktikan dukungan ketika hadir saat laga tandang ke Indomilk Arena, Sabtu (14/1/23) lalu.