Liga Indonesia

Status Liga 1 Tanpa Degradasi, Kaesang Pangarep: Belum Tentu Lho!

Sabtu, 21 Januari 2023 20:56 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kaesang Pangarep datang ke GBK Arena untuk memberi dukungan kepada Erick Thohir yang resmi maju sebagai calon Ketum PSSI, Minggu (15/01/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kaesang Pangarep datang ke GBK Arena untuk memberi dukungan kepada Erick Thohir yang resmi maju sebagai calon Ketum PSSI, Minggu (15/01/23).

INDOSPORT.COM - Bos Persis Solo, Kaesang Pangarep, kembali melempar isu tentang kejelasan kompetisi Liga 1 2022/2023. Masih ada peluang Liga 1 tetap ada degradasi seperti biasanya.

Komite Eksekutif (Exco) PSSI sudah mengumumkan keputusan untuk tak melanjutkan kompetisi Liga 2 2022/2023. Hal ini diklaim sebagai kemauan dari mayoritas klub Liga 2, serta memperhatikan faktor-faktor lain.

Ketika kompetisi Liga 2 tak dilanjutkan lagi, maka Liga 1 juga tanpa degradasi. Hal itu kemudian menimbulkan kekecewaan dari publik pecinta sepak bola Tanah Air.

Namun, setelah adanya pengumuman tentang keputusan itu, klub-klub Liga 2 justru menemui Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali. Ada kans bahwa kompetisi Liga 2 bisa jalan lagi.

Kini, rumor turut diperkuat dengan pernyataan Kaesang Pangarep. Setiap hal yang dilempar ke publik kerap menjadi kenyataan, termasuk RUPS PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI.

Paling baru, Kaesang menyebut kompetisi Liga 1 belum tentu tanpa degradasi. Padahal, hal ini sudah diumumkan PSSI beberapa waktu lalu, bersamaan dengan tak bergulirnya Liga 2.

"Memang sudah pasti? belum tentu lho," ucap Kaesang Pangarep saat hadir dalam peresmian Taman Pracima Tuin, Mangkunegaran, Sabtu (21/01/23).

Namun, Kaesang menegaskan sikap klub, apapun nantinya tentang kompetisi. Persis Solo tetap mengejar prestasi terbaik di Liga 1 2022/2023.

"Saya tidak wait and see, mau bagaimanapun, ada atau tidaknya degradasi, kita tetap serius kok," tegas Kaesang.

Terbaru, Persis Solo sukses mengalahkan tim papan atas, Persija Jakarta, dengan skor 1-0 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (19/1/23).

Gol tunggal kemenangan Laskar Sambernyawa dicetak Samsul Arif. Kemenangan itu dinilai sebagai sebuah pencapaian besar mengingat Persija baru saja menang atas Bali United 3-2.