In-depth

3 Momen Bersejarah Benny Dollo yang Paling Dikenang Bersama Timnas Indonesia

Kamis, 2 Februari 2023 11:11 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Mengenang sepak terjang Benny Dollo saat bersama Timnas Indonesia. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Mengenang sepak terjang Benny Dollo saat bersama Timnas Indonesia. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Sepak bola Tanah Air sedang dilanda duka menyusul kabar meninggalnya mantan pelatih Timnas Indonesia, Benny Dollo.

Sepanjang hidupnya, ia telah banyak mengabdikan diri untuk sepak bola Indonesia dengan membesut tim-tim seperti Pelita Jaya Jawa Barat, Persita Tangerang, Mitra Kukar, dan masih banyak lagi.

Bahkan, pelatih asal Manado ini membawa Pelita Jaya Jawa Barat bersinar di Galatama melalui tiga gelar juara.

Ia juga sempat menyumbang trofi saat membesut Arema dan dua kali didapuk sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Benny Dollo tercatat menangani Timnas Indonesia secara penuh masing-masing pada periode 2000-2001 dan 2008-2009.

Kali Pertama

Kesempatan pertama Benny Dollo untuk menangani skuat Garuda datang pada tahun 2000 setelah ia melatih tim asal Manado, Persma.

Saat itu, ia bertugas mendampingi timnas bertanding di SEA Games dan Kualifikasi Piala Dunia, yang sayangnya berakhir dengan kegagalan.

Di SEA Games 2001, Timnas Indonesia terhempas di semifinal usai dikalahkan tipis Thailand melalui babak perpanjangan waktu.

Gol cepat Bambang Pamungkas yang terjadi pada menit ke-2 tidak mampu dimanfaatkan secara maksimal oleh timnas untuk mempertahankan kedudukan maupuan menambah keunggulan.

Alhasil, Thailand yang menyamakan skor melalui Anucha Kitphongsri malah berbalik memimpin usai Teeratep Winothai mencetak gol kedua pada menit ke-105.