Bola Internasional

Soroti Ketimpangan Liga Inggris dan Liga Italia, Massimiliano Allegri: Mereka Lebih Mahal 4x Lipat

Kamis, 2 Februari 2023 13:45 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Reuters/Ronen Zvulun
Ekspresi Massimiliano Allegri saat laga Liga Champions antara Maccabi Haifa vs Juventus Copyright: © Reuters/Ronen Zvulun
Ekspresi Massimiliano Allegri saat laga Liga Champions antara Maccabi Haifa vs Juventus

INDOSPORT.COM – Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri mengaku Liga Inggris (Premier League) saat ini lebih mahal empat kali lipat dibandingkan dengan Liga Italia (Serie A).

Persaingan Liga Inggris dan Liga Italia sepertinya tidak akan pernah dapat dilupakan. Pada awal 2000-an, dua liga tersebut menjadi salah satu yang paling menarik perhatian.

Bagaimana tidak, dominasi yang ditunjukkan oleh klub-klub dari dua liga tersebut begitu mendominasi daratan Eropa bahkan dunia.

Kala itu, Manchester United, Chelsea, Arsenal, dan Liverpool begitu memberikan daya tarik yang luar biasa karena kerap menjadi perwakilan dari dataran Inggris.

Tak berbeda jauh, Liga Italia pun di periode awal 2000-an juga memberikan sentuhan magisnya dengan dominasi mereka melalui AC Milan, Inter Milan, hingga Juventus.

Nama-nama pesepak bola top dunia saat itu menjadi salah satu alasan mengapa Liga Inggris dan Liga Italia begitu menarik untuk disaksikan.

Terlebih lagi ketika salah satu tim dari Liga Inggris bertemu dengan tim dari Liga Italia. Hal itu dipastikan akan menjadi pertandingan yang ditunggu-tunggu.

Kini, nasib kedua liga tersebut bak sedang terhalang oleh jarak. Liga Inggris kini semakin melesat jauh, sedangkan Liga Italia masih terlihat fluktuatif.

Segi kualitas dari tim-tim Liga Inggris menjadi salah satu yang terlihat meningkat dibanding dengan tim-tim dari Liga Italia.

Belum lagi dari segi ekonomi klub, di mana saat ini Liga Italia mungkin telah tertinggal. Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri pun turut mengungkapkan perbedaan itu saat ini.