In-depth

Bisa Tiru Inter, Bedah Formasi AC Milan Jika Gunakan Taktik 3-5-2: Leao Tersingkir?

Jumat, 3 Februari 2023 15:04 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© REUTERS/Daniele Mascolo
Melihat alternatif formasi AC Milan andai mereka ikuti skema 3-5-2 milik Inter Milan, mampukah akhiri paceklik kemenangan di Liga Italia akhir pekan nanti? Copyright: © REUTERS/Daniele Mascolo
Melihat alternatif formasi AC Milan andai mereka ikuti skema 3-5-2 milik Inter Milan, mampukah akhiri paceklik kemenangan di Liga Italia akhir pekan nanti?

INDOSPORT.COM – Melihat alternatif formasi AC Milan andai mereka ikuti skema 3-5-2 milik Inter Milan, mampukah Rossoneri akhiri paceklik kemenangan di Liga Italia akhir pekan nanti?

Jelang duel sengit Liga Italia antara Inter Milan vs AC Milan dalam lanjutan pekan ke-21 pada Senin (06/02/23) dini hari WIB mendatang.

Berstatus sebagai tim tamu dan sang juara bertahan Liga Italia 21/22, sejatinya AC Milan sedang dalam kondisi yang kurang baik usai rentetan hasil buruk di pekan-pekan sebelumnya.

Tercatat, AC Milan belum pernah lagi menang dalam enam pertandingan terakhir di semua kompetisi.

Teranyar, skuad arahan Stefano Pioli tersebut telan kekalahan telak dari Sassuolo dengan skor 2-5 dan membuat mereka melorot ke urutan 5 klasemen sementara Liga Italia.

AC Milan kini berjarak 15 poin dari Napoli sebagai pemuncak, serta selisih dua angka dari Inter Milan yang berada di tempat kedua.

Berkaca dari hasil minor yang diraih AC Milan dalam beberapa laga terakhir, pelatih Stefano Pioli mengungkapkan jika dirinya ingin melakukan perubahan dari sisi permainan Rossoneri.

Melansir dari laman Sky Sport Italia, disebutkan bahwa AC Milan sempat mengganti pakem formasi mereka dari 4-2-3-1 menjadi skema 3-4-3 selama sesi latihan jelang duel melawan Inter Milan.

Selain itu, AC Milan juga menerapkan formasi 4-3-3 yang masih mengandalkan tiga penyerang dan bertumpu pada kecepatan dua pemain sayap dalam melakukan penetrasi.

Sejauh ini belum ada keterangan pasti apakah AC Milan akan menggunakan taktik baru untuk hadapi Inter Milan akhir pekan nanti, atau tetap memainkan 4-2-3-1 dalam derby Milan nanti.

Selain 3-4-3 dan 4-3-3, sejatinya AC Milan bisa coba meniru taktik 3-5-2 yang sudah menjadi tren Inter Milan dan terbukti mampu membuat mereka konsisten di papan atas.

Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas, potensi formasi AC Milan andai menggunakan taktik 3-5-2 khas sang rival sekota, Inter Milan: