In-depth

Massimo Oddo, 'Tukang Cukur dari Berlin' yang Dapat Kesempatan Kedua di AC Milan

Jumat, 3 Februari 2023 13:33 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© instagram/massimo.oddo
Eks pemain AC Milan, Massimo Oddo. Foto: instagram/massimo.oddo. Copyright: © instagram/massimo.oddo
Eks pemain AC Milan, Massimo Oddo. Foto: instagram/massimo.oddo.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Italia (Serie A), AC Milan, pernah memiliki pemain bernama Massimo Oddo yang berjuluk The Barber of Berlin alias Tukang Cukur dari Berlin.

Tidak cuma sekali, sosok kelahiran 14 Juni 1976 ini pernah berseragam Rossoneri selama dua periode (1993-1999 dan 2007-2012).

Namun sayang, sepak terjangnya bersama tim merah-hitam selama dua kali kesempatan itu tidak terlalu mentereng.

Bahkan, di periode pertamanya, Massimo Oddo sering pergi sebagai pemain pinjaman ke sesama tim Italia: Fiorenzuola, Monza, Calcio Prato, dan Lecco.

Tidak banyak yang bisa ia lakukan pada waktu itu sebagai pemain muda AC Milan yang sedang meniti karier di Liga Italia.

Berhubung tidak terpakai di AC Milan, Massimo Oddo kemudian hijrah ke Napoli pada 1999 dan turut membawa tim ini meraih tiket promosi ke Serie A setelah menjadi juara Serie B 1999-2000.

Kariernya setelah dari Napoli pun berangsur-angsur membaik, termasuk meraih kesuksesan bersama Verona dan dilirik oleh Lazio.

Di Lazio inilah ia bisa merasakan bagaimana tampil di ajang Liga Champions dan Liga Europa. Kisahnya bersama Le Aquile ditutup dengan satu gelar Coppa Italia pada musim 2003-2004.

Seperti sudah digariskan Tuhan, takdir pun membawa Massimo Oddo kembali ke pelukan AC Milan pada 2007.

Kali, ini ia mendapat kesempatan memperbaiki kariernya yang dulu tidak seberapa saat pertama kali bergabung ke raksasa sepak bola Liga Italia tersebut.