Liga Inggris

Terungkap! Tanpa VAR, Liverpool Hanya Tim Pesakitan Dekat Zona Degradasi

Jumat, 3 Februari 2023 18:35 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Indra Citra Sena
© REUTERS/David Klein
Aksi gelandang muda Jepang, Kaoru Mitoma, di laga Piala FA Brighton vs Liverpool Copyright: © REUTERS/David Klein
Aksi gelandang muda Jepang, Kaoru Mitoma, di laga Piala FA Brighton vs Liverpool

INDOSPORT.COM – Klub raksasa Liga Inggris (Premier League), Liverpool sejatinya lebih dekat ke zona degradasi daripada di posisinya saat ini jika tanpa bantuan VAR.

Nasib Liverpool musim ini memang tengah begitu menjadi sorotan. Bagaimana tidak, perkasa dalam lima tahun terakhir, musim ini mereka begitu keropos.

Saat ini tim berjuluk The Reds itu tengah duduk di posisi ke sembilan klasemen dan terancam keluar dari jalur perburuan gelar Liga Inggris musim 2022/23.

Total, Liverpool baru mampu mengemas 29 poin dari 19 pertandingan yang telah mereka jalni. Delapan kekalahan, lima imbang, dan enam kali kalah menjadi catatan dari 29 poin Liverpool.

Namun, nasib Liverpool tersebut terbilang masih beruntung. Melansir dari Daily Mail, nasib Liverpool bisa lebih buruk andai saja mereka tidak dibantu Video Assistant Referee (VAR).

Dalam laporannya, jika Liverpool hingga pertengahan musim ini tanpa mendapatkan bantuan VAR, mereka akan berada di posisi 11 klasemen dengan 23 poin.

Artinya, Liverpool hanya akan berjarak enam poin saja dari batas akhir zona degradasi. Dalam tabel tersebut, Everton menjadi tim yang menjadi batas zona degradasi dengan menempati posisi 18.

Liverpool memang telah beberapa kali mendapatkan keuntungan ketika VAR diberlakukan. Bahkan hal itu turut membantu The Reds saat menggapai trofi Liga Inggris musim 2019/20 yang lalu.

Namun, Liverpool tidak sendiri, tim lain yang mendapatkan keuntungan serupa dari VAR adalah Aston Villa dan Manchester United.

Bahkan, mantan tim asuhan Steven Gerrard dan Man United juga mengalami turun peringkat jika tidak mengalami bantuan VAR.