Liga Indonesia

Bangun Konektivitas Lintas Generasi, Ikatan Alumni ITB Gelar Turnamen IA-ITB Cup 2023

Sabtu, 4 Februari 2023 19:23 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© IA-ITB
Turnamen Sepak Bola IA-ITB Cup 2023 akan diselenggarakan pada tanggal 4 Februari sampai dengan 12 Maret 2023 di Lapangan C Senayan, Jakarta. (Foto: IA-ITB) Copyright: © IA-ITB
Turnamen Sepak Bola IA-ITB Cup 2023 akan diselenggarakan pada tanggal 4 Februari sampai dengan 12 Maret 2023 di Lapangan C Senayan, Jakarta. (Foto: IA-ITB)

INDOSPORT.COM - Ikatan Alumni ITB (IA-ITB) dan Komisariat Persatuan Sepak Bola IA-ITB (PS IA-ITB) bekerja sama dengan sejumlah mitra IA-ITB akan menyelenggarakan Turnamen Sepak Bola.

Turnamen tersebut bertajuk IA-ITB Cup 2023 tersebut rencananya bakal digelar pada tanggal 4 Februari sampai dengan 12 Maret 2023 di Lapangan C Senayan, Jakarta.

Kegiatan ini digelar mengingat olahraga sepak bola sangat populer di dunia termasuk Indonesia. Namun panitia penyelenggara melihat cabag ini mulai terpinggirkan di kalangan anak muda.

"Sepak bola merupakan olahraga yang populer di seluruh dunia dan mengandung nilai-nilai positif seperti leadership, growth mindset, teamwork, dan fair play. Demikian juga terkait kematangan dalam bereaksi dan merespon konflik, serta melatih diri untuk terbiasa merasakan kemenangan dan kekalahan. Ini merupakan hal-hal berharga yang dilatih setiap minggunya di lapangan sepak bola," kata Menteri Olahraga dan Keminatan, Pengurus Pusat IA-ITB, Muhammad Alwi.

"Namun, sangat disayangkan bahwa saat ini popularitas sepak bola di kalangan muda mulai terpinggirkan,” tambahnya.

Dengan digelarnya turnamen ini, diharapkan juga bisa membuat generasi muda kita bisa mewujudkan vis Indonesia Emas 2024.

"Melalui olahraga ini, generasi muda dapat dididik menjadi pribadi yang tangguh secara fisik dan mental, sehingga dapat turut mewujudkan visi Indonesia Emas 2045," sambung Agus Mustopa sebagai Ketua Umum Persatuan Sepak Bola IA-ITB (PS IA-ITB).

Ketua Eksekutif Turnamen, Rizal Kasli, menyatakan bahwa turnamen ini dapat menjadi saranauntuk meningkatkan kembali gairah berlatih sepak bola di kalangan alumni ITB.

Dengan nilai-nilai universal yang terkandung di dalamnya, sepak bola juga dapat menjadi sarana pendidikan karakter yang efektif.

"Di sisi lain, kami juga melibatkan Alumni Senior dengan mewajibkan minimal ada satu pemain senior (usia di atas 40 tahun) untuk bermain di lapangan selama pertandingan. Ini memaksa tiap tim Alumni Jurusan untuk membangun konektivitas lintas generasi," imbuh Ketua Panitia Turnamen Sepak Bola IA-ITB Cup 2023, Bachtiar.