Bola Internasional

Dari Munchen hingga Roma, Shalika Aurelia Eks Timnas Ternyata Punya Kebiasaan 'Gila'

Minggu, 5 Februari 2023 13:13 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© jebreeetmedia/indosport
Shalika Aurelia (kanan, merah) dan Ade Mustika, dengan logo Bayern Munchen. Copyright: © jebreeetmedia/indosport
Shalika Aurelia (kanan, merah) dan Ade Mustika, dengan logo Bayern Munchen.

INDOSPORT.COM - Sebelum gabung Roma Calcio Femminile, klub sepak bola wanita di Serie B Italia, rupanya Shalika Aurelia punya kebiasaan disiplin yang sangat ketat.

Shalika Aurelia Viandrisa dikenal sebagai salah satu pesepak bola di Timnas Wanita Indonesia. Ia berposisi sebagai bek tengah.

Mengulik latar belakang Shalika Aurelia, ia mengaku jatuh cinta dengan cabor sepak bola sejak duduk di bangku SMP.

Kala itu, Shalika mengikuti bebeberapa turnamen antar SMP di wilayah Jakarta, diantaranya adalah Piala Coca-cola dan Greenfields dari kategori U-12 hingga U-14. 

Shalika Aurelia, pemain kelahiran 2003 itu memulai karier juniornya saat bergabung dengan SSB Astam di tahun 2017 lalu. Ia membersamai tim itu hingga tahun 2019.

Lalu, Shalika juga sempat menjadi bagian tim sepak bola putri untuk PON DKI Jakarta, hingga dia meneken kontrak bersama tim Persija Jakarta Putri hingga tahun 2022. 

Kualitasnya di level nasional sudah tak perlu diragukan lagi. Oleh karena itu, Shalika pun mencari tantangan bermain di luar negeri.

Shalika pernah menjalani trial di Bayern Munchen dan West Ham di tahun 2021.

Selepas itu, Shalika Aurelia resmi menjadi pemain AS Roma wanita atau lebih dikenal dengan nama AS Roma Calcio Feminile, per tahun 2022.

Namun, Shalika mengaku hanya dikontrak selama semusim. Ia sempat melakoni debut di tim, tetapi pada akhirnya kontrak pemain asal Indonesia itu tidak diperpanjang.

"Buat di Eropa, untuk perempuan biasanya kontrak satu sampai dua tahun. Kalau saya kemarin hanya satu tahun saja hingga akhir musim," ungkap Shalika pada awak media.