In-depth

Mengingat Milan vs Tottenham di Liga Champions 12 Tahun Lalu: Gattuso Bikin Kerusuhan

Selasa, 14 Februari 2023 16:16 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Francesco Pecoraro/Getty Images
Gennaro Gattuso pernah membuat laga AC Milan vs Tottenham Hotspur memanas 12 tahun lalu. Foto: Francesco Pecoraro/Getty Images. Copyright: © Francesco Pecoraro/Getty Images
Gennaro Gattuso pernah membuat laga AC Milan vs Tottenham Hotspur memanas 12 tahun lalu. Foto: Francesco Pecoraro/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Pertandingan leg pertama 16 besar Liga Champions, Rabu (15/02/23) dini hari WIB antara AC Milan vs Tottenham Hotspur diwarnai sebuah kisah menarik pada masa lampau.

Bermain di liga berbeda, Rossoneri dan Spurs praktis hanya bisa berjumpa di kompetisi-kompetisi lintas negara.

Di seluruh kompetisi, keduanya baru berjumpa empat kali sepanjang tahun 1972 hingga 2011. Di Liga Champions sendiri mereka bersua dua kali 12 tahun lalu.

Ya, sudah satu dekade lebih AC Milan dan Tottenham Hotspur berduel di panggung Eropa, yang akan membuat pertandingan dini hari nanti makin menarik.

Sebagai informasi, dari dua pertemuan tersebut, Tottenham Hotspur unggul dengan satu kali menang 1-0, sedangkan di laga lainnya berakhir sama kuat 0-0.

Namun pertandingan AC Milan vs Tottenham Hotspur yang digelar di San Siro pada 15 Februari 2011 saktu setempat menyisakan sejarah tersendiri bagi kedua kubu.

Adalah Gennaro Gattuso yang pada waktu itu menjadi ‘tokoh’ utama dalam pertandingan usai terlibat perseteruan dengan asisten pelatih Tottenham Hotspur saat itu, Joe Jordan.

Pertandingan malam itu di San Siro memang sudah panas sejak lama, apalagi setelah Mathieu Flamini melakukan tekel horor terhadap Vedran Corluka.

Gennaro Gattuso merupakan salah satu pemain yang amarahnya paling terlihat jelas di AC Milan vs Tottenham Hotspur tersebut.

Bagaimana tidak? Ia dihadiahi kartu karena melanggar Steven Pienaar dan terpaksa absen di laga selanjutnya, ditambah menyaksikan timnya kebobolah oleh Peter Crouch.