Liga Europa

Prediksi Liga Europa Barcelona vs Manchester United: Adu Sakti 2 Raksasa yang Mulai Terbangun

Rabu, 15 Februari 2023 16:21 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS/Albert Gea
Leg pertama lay-off babak gugur Liga Europa 2022/2023 antara Barcelona vs Manchester United akan digelar pada Jumat (17/02/23) di Camp Nou dan ini prediksinya. (Foto: REUTERS/Albert Gea) Copyright: © REUTERS/Albert Gea
Leg pertama lay-off babak gugur Liga Europa 2022/2023 antara Barcelona vs Manchester United akan digelar pada Jumat (17/02/23) di Camp Nou dan ini prediksinya. (Foto: REUTERS/Albert Gea)

INDOSPORT.COM - Leg pertama lay-off babak gugur Liga Europa 2022/2023 antara Barcelona vs Manchester United akan digelar pada Jumat (17/02/23) di Camp Nou dan ini prediksinya.

Baik Barcelona maupun Manchester United sebenarnya bukan klub yang habitat aslinya di Liga Europa namun penurunan performa dalam beberapa tahun ke belakang membuat mereka kerap terlempar dari hingar bingar Liga Champions.

Los Cules sudah dua musim beruntun terdampar di kompetisi kasta kedua antar klub benua biru sementara krisis The Red Devils sudah berlangsung lebih lama lagi. Dalam satu dekade terakhir sang raksasa Inggris jadi lebih identik dengan Liga Europa ketimbang Liga Champions.

Hanya saja kini keduanya sudah mulai bangkit di bawah komando manajer baru. Xavi Hernadez tengah menjalani musim penuh pertamanya di Camp Nou sementara Old Trafford baru saja merasakan magis instan dari Erik ten Hag.

Sejauh ini di 2022/2023, Barcelona mampu menjadi favorit kuat juara di Liga Spanyol dengan marjin 11 poin dengan pesaing terdekat mereka yakni Real Madrid.

Begitu juga dengan Manchester United. Sekarang mereka memang masih berada di belakang Arsenal dan Manchester City di Liga Inggris namun sebenarnya jarak dengan dua rival mereka itu sangatlah pendek.

Maka dari itu duel antara Barcelona vs Manchester United di play-off babak gugur Liga Europa 2022/2023 kali ini sangat menarik untuk disaksikan karena bisa menjadi ajang pembuktian masing-masing klub atas statement kebangkitan mereka.

Sebagai tuan rumah di leg pertama, Robert Lewandowski cs boleh menepuk dada karena mereka punya rekor head-to-head yang lebih baik ketimbang calon lawan.

Manchester United dalam 13 perjumpaan dengan sang titan Catalonia hanya bisa mengantongi tiga kemenangan dan enam kekalahan. Catatan ini dapat semakin memburuk andai mereka tidak bisa mengatasi problem cedera yang tengah melanda.

Tercatat Donny van de Beek, Christian Eriksen, Anthony Martial, Scott McTominay, dan Antony harus menepi karena cedera menyusul Lisandro Martinez dan Marcel Sabitzer yang menjalani sanksi. Di sisi lain Barcelona hanya harus menyiasati ketidaktersediaan Sergio Busquets dan Ousmane Dembele.