Liga Indonesia

KLB PSSI Digelar, Umuh Muchtar Soroti Rangkap Jabatan dan Reformasi Wasit

Kamis, 16 Februari 2023 11:18 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
© Petrus Manus/INDOSPORT
Komisaris PT PBB, Umuh Muchtar, menghadiri Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI, Minggu (16/02/23). Copyright: © Petrus Manus/INDOSPORT
Komisaris PT PBB, Umuh Muchtar, menghadiri Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI, Minggu (16/02/23).

INDOSPORT.COM - Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar, berharap siapa pun yang terpilih sebagai Ketua Umum (Ketum) dan pengurus PSSI periode 2023-2027 bisa bekerja maksimal dan mengabdi untuk sepak bola Indonesia.

Sebagai informasi, hari ini Kamis (16/02/23) PSSI menggelar Kongres Luar Biasa (KLB). Agenda utama KLB PSSI kali ini adalah memilih ketua umum, wakil ketua dan Exco. 

Ada lima nama yang bersaing untuk kursi nomor satu federasi yakni LaNyalla Mattalitti, Erick Thohir, Doni Setiabudi, Arif Putra Wicaksono dan Fary Djemy Francis (menyatakan mundur).

"Ya harapannya (untuk) Ketum, Waketum, dan Exco nanti harus benar-benarlah, harus benar-benar mengabdi, mereka juga punya gaji insentif, sudah jelas, itulah," kata Umuh saat akan menghadiri KLB PSSI.

Selain itu, Umuh Muchtar berharap kepada Ketum PSSI yang terpilih bisa membenahi masalah wasit. Pasalnya, sejauh ini kinerja wasit masih belum maksimal dan dalam beberapa laga terjadi kontroversi.

"Sekarang saya menyoroti Exco juga terutama perwasitan. Kalau bisa ini bubarkan dulu wasit, ganti, pilih, di situ pun tidak semuanya jelek. Terutama wasit, PSSI kalau mau maju terutama wasit," ucap Umuh.

"Siapapun nanti ketuanya, wasit yang diutamakan itu, karena sangat menyakitkan (dengan keputusan kontroversi). Banyak Klub juga ini, kalau di PSSI ini masalah wasit saja, sudah jelas di Exco nya juga ada yang tidak beres," ucap Umuh menambahkan.

Umuh mengatakan, salah satu cara untuk meminimalisir kesalahan wasit yakni dengan menerapkan teknologi Video Assistant Referee (VAR) di kompetisi terutama di kompetisi Liga 1. 

"Justru itu, makanya saya mudah-mudahan dengan pengurus yang sekarang siapa pun, pokoknya usahakan, saya yakin tahun ini ada VAR," ujarnya.