Liga Indonesia

Polda DIY Restui Laga Bali United vs Persebaya di Stadion Maguwoharjo,

Kamis, 16 Februari 2023 11:30 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
© Bali United for Media
Bali United bisa bernapas lega karena partai pekan ke-25 Liga 1 2022/2023 melawan Persebaya Surabaya tak tertunda. (Foto: Bali United for Media) Copyright: © Bali United for Media
Bali United bisa bernapas lega karena partai pekan ke-25 Liga 1 2022/2023 melawan Persebaya Surabaya tak tertunda. (Foto: Bali United for Media)

INDOSPORT.COM - Bali United bisa bernapas lega karena partai pekan ke-25 Liga 1 2022/2023 melawan Persebaya Surabaya tak tertunda. Pertemuan tim papan atas ini berlangsung tanpa penonton di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (18/2/23).

Sempat ada kekhawatiran bahwa laga melawan Persebaya bakal ditunda. Hal ini berkaca pada laga pekan ke-23 antara PSIS melawan Persebaya di Stadion Jatidiri yang ditunda karena masalah izin keamanan.

Situasi berbeda bisa didapat Bali United. Meski statusnya merupakan "pengungsi", Polda DIY memberikan izin laga melawan Persebaya tetap digelar di Stadion Maguwoharjo.

Hal ini ditegaskan Wakapolda DIY Brigjen Pol R. Slamet Santoso saat menghadiri jumpa pers Proliga 2023 di Hotel Grand Keisha, Condongcatur, Rabu (15/2/23).

Pada dasarnya Polda DIY memberikan restu event olahraga bisa berlangsung di wilayahnya, termasuk pertandingan Liga 1.

"Soal izin, tetap kita sepakat untuk pengamanan sepak bola, hanya DIY yang berkenan memberikan mereka (izin), namun tetap tanpa penonton ya," kata Brigjen Pol R. Slamet Santoso usai acara.

Laga ini berstatus tanpa penonton bukan karena Bali United akan melawan Persebaya. Sejak awal audiensi dengan Polda DIY, Bali United memang sepakat bahwa seluruh laga di wilayah DIY digelar tanpa penonton.

Wakapolda menuturkan, pola pengamanan yang akan dilakukan Polda DIY tetap sama seperti pertandingan-pertandingan lain, sesuai Perpol Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga.

"Pola pengamanan, baik itu pengamanan terhadap event, sepak bola, voli, futsal dan sebagainya, kita sudah ada polanya dan itu yang kita tetapkan," ujar Wakapolda.

"Pola itu mulai dari rumah sakit rujukan, jalur-jalur, tempat penginapan tim lawan dan tim kawan (tuan rumah), sudah kita amankan semua," lanjutnya.