Liga Indonesia

Resmi! Daftar Pengurus PSSI 2023-2027: Erick Thohir Ketum, Muka Lama Masih Hiasi Exco

Kamis, 16 Februari 2023 23:13 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Subhan Wirawan
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
KLB PSSI telah berakhir dengan menghasilkan Erick Thohir sebagai Ketum baru, serta 12 orang telah terpilih menjadi anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI 23-27. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
KLB PSSI telah berakhir dengan menghasilkan Erick Thohir sebagai Ketum baru, serta 12 orang telah terpilih menjadi anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI 23-27.

INDOSPORT.COM - Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI telah berakhir dengan menghasilkan Erick Thohir sebagai Ketum baru, serta 12 orang telah terpilih menjadi anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI periode 2023-2027. Ada enam nama baru dan lima muka lama yang diusung voters dalam jajaran Exco kali ini.

Sebagai informasi, agenda Kongres Luar Biasa PSSI yang berlangsung pada Kamis (16/01/23) di Hotel Shangri-La, Jakarta adalah memilih ketua umum, wakil ketua umum, dan anggota komite eksekutif (exco) periode 2023-2027.

Mereka dipilih oleh voters berjumlah 86 yang merupakan 86 suara plus satu federasi tambahan.

Ke-86 suara itu terdiri dari 18 klub Liga 1, 16 klub Liga 2, 16 klub Liga 3, 34 asosiasi provinsi (asprov), dua asosiasi, dan satu federasi futsal Indonesia.

Dalam Kongres ini, ketua umum PSSI terpilih adalah Erick Thohir yang mengantongi 64 suara. Dia unggul dari La Nyalla Mattalitti yang raih 22 suara.

Sementara itu, wakil ketua umum jatuh ke tangan Ratu Tisha dengan 54 suara dan Zainudin Amali dengan 44 suara.

Awalnya, Ratu Tisha dan Yunus Nusi yang terpilih, tapi nama terakhir memutuskan untuk mundur setelah proses penghitungan suara.

Meski Zainudin Amali pun ditetapkan sebagai Waketum pertama oleh Komite Pemilihan, meski kalah jumlah suara dari Ratu Tisha. Alasannya adalah Zainudin punya pengalaman lebih lama di sepak bola.

Sementara itu, nama-nama 12 anggota Exco PSSI yang terpilih antara lain Eko Setyawan, John Rohue, Muhamad, Rudi Julianto, Sumardji, Arya Sinulingga, Khaerul Anwar yang merupakan nama baru.

Lalu ada lima muka lama yang kembali menjabat sebagai Exco PSSI yakni Vivin Cahyani, Ahmad Riyadh, Hasnuryadi Sulaiman, Pieter Tanuri dan Endri Erawan.