Liga Indonesia

4 Sosok Pesakitan Malah Jadi Exco PSSI Era Erick Thohir: Dari Bos Farmel FC hingga Eks Manajer PSMP

Jumat, 17 Februari 2023 12:40 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Erick Thohir resmi terpilih menjadi Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di hotel Shangri-La, Kamis (16/02/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Erick Thohir resmi terpilih menjadi Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di hotel Shangri-La, Kamis (16/02/23).

INDOSPORT.COM – Resmi menjadi Ketua Umum PSSI, Erick Thohir harus mendapati adanya sosok kontroversial menjadi anggota Exco.

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akhirnya telah resmi memiliki ketua umum baru melalui Kongres Luar Biasa (KLB) yang diadakan di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (16/2/23) kemarin.

Sosok yang menjadi ketum anyar PSSI adalah Erick Thohir yang berhasil menang lewat perhitungan 64 suara, unggul jauh dari La Nyalla Mattalitti yang mengumpulkan 22 suara.

Peta persaingan calon ketua umum PSSI memang telah terlihat sejak awal di mana nama Erick Thohir dan La Nyalla Mattalitti menjadi dua nama terkuat yang akan menduduki kursi nomor satu federasi sepak bola Indonesia itu.

Dominasi dua sosok tersebut juga turut membuat dua kandidat lain, Doni Setiabudi dan Arif Putra Wicaksono tidak meraih suara sama sekali.

Pada periode kepemimpinannya Erick Thohir tak akan sendiri, sosok yang saat ini masih menjabat sebagai Menteri BUMN itu akan didampingi oleh dua wakil ketua umum.

Dua Wakil Ketua Umum PSSI diisi oleh Ratu Tisha Destria dan Zainudin Amali. Keduanya menduduki posisit tersebut usai masing-masing mendapat 54 suara dan 44 suara.

Sebelum resmi didampingi oleh Ratu Tisha dan Zainudin Amali, pemilihan wakil ketua umum sempat mengalami pengulangan. Dalam pemilihan awal, nama Zainudin Amali dan Yunus Nusi lah yang terpilih.

Kemudian pemilihan diulang dan menghasilkan Ratu Tisha dan Yunus Nusi sebagai sosok terpilih. Namun, Yunus Nusi memilih mundur dan akhirnya Zainudin Amali yang berhak maju.

Meski telah mendapatkan formasi lengkap, Erick Thohir sepertinya akan memiliki masalah lain sebab ada empat sosok kontroversial yang dalam periode jabatannya justru menjabar sebagai Exco PSSI.