Liga Indonesia

Resmi Pimpin PSSI, Kompetisi Usia Muda Jadi Pekerjaan Rumah Erick Thohir

Jumat, 17 Februari 2023 13:16 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Erick Thohir resmi terpilih menjadi Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di hotel Shangri-La, Kamis (16/02/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Erick Thohir resmi terpilih menjadi Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di hotel Shangri-La, Kamis (16/02/23).

INDOSPORT.COM - Erick Thohir tak sekadar ditantang untuk meningkatkan kualitas kompetisi kelompok senior setelah resmi menjabat sebagai ketua umum PSSI.

Kompetisi usia muda juga menjadi pekerjaan rumah yang wajib dituntaskan. Kompetisi sepak bola musim ini bisa dibilang menjadi musim teraneh bagi sepak bola Indonesia.

Pada saat Indonesia berhasil menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, kompetisi Liga 1 U-20 2022-2023 malah tidak berjalan.

Beberapa tim, seperti Persis Solo, PSIS Semarang, PSS Sleman hingga Bali United masih merutinkan latihan. Namun, tak sedikit kontestan Liga 1 yang memulangkan pemain luar daerah karena ketidakjelasan Liga 1 U-20.

Alhasil, pemain jebolan Liga 1 U-18 pada musim ini tak mendapat wadah untuk berkompetisi. Padahal, pada titik inilah terjadi proses adaptasi sebelum masuk ke pertarungan kompetisi senior.

Terkait situasi ini, pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, bercerita tentang pengalamannya melatih di berbagai negara.

Sebelum sukses besar di Liga 1, Teco kenyang pengalaman melatih di usia muda. Dia pernah tergabung dalam staf kepelatihan Timnas Brasil U-20.

Lalu, ketika bekerja di Italia, Teco sempat menjadi staf kepeplatihan tim U-17 hingga U-20. Teco melihat perbedaan nyata bagaimana negara-negara kuat di sepak bola mempersiapkan pemain sebelum ke jenjang senior.

"Saya pikir sangat berbeda (dengan Indonesia). Di negara saya, Brasil, dan  saya juga pernah kerja di Italia, primavera U-17, U-20, mereka punya satu tahun agenda resmi. Bukan hanya satu kompetisi, tapi juga ada turnamen lain dalam satu tahun tersebut," kata Teco.

Teco kasihan ketika melihat tim Bali United U-20. Meski sudah latihan sejak tahun lalu, hingga bulan Februari 2023 ini mereka belum pernah merasakan pertandingan resmi.

Beberapa pemain pun kemudian ditariknya ke tim senior, atas rekomendasi direktur teknik Bali United Youth, I Made Pasek Wijaya dan jajaran kepelatihannya.

Para pemain itu adalah I Kadek Arel Priyatna, I Made Tito Wiratama, Rahmat Arjuna, I Wayan Arta Wiguna hingga I Komang Aryantara. Hanya saja, nama-nama tersebut belum pernah diberi kesempatan main di Liga 1 2022/2023.