Bola Internasional

Merinding, Militansi Tanpa Batas Suporter Yokohama Marinos dan Nagoya Grampus yang Terus Bernyanyi

Minggu, 19 Februari 2023 03:14 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Subhan Wirawan
© Kaz Photography/Getty Images
Suporter klub-klub Jepang sangat militan dalam memberikan dukungan terhadap tim kesayangannya. Mereka akan terus bernyanyi guna membakar semangat para pemain. Copyright: © Kaz Photography/Getty Images
Suporter klub-klub Jepang sangat militan dalam memberikan dukungan terhadap tim kesayangannya. Mereka akan terus bernyanyi guna membakar semangat para pemain.

INDOSPORT.COM - Suporter klub-klub Jepang memang bisa dikatakan sangat militan dalam memberikan dukungan terhadap tim kesayangannya. Mereka akan terus bernyanyi guna membakar semangat para pemain kesayangannya bertanding.

Roda kompetisi J1 League 2023 memang telah resmi bergulir. Kompetisi strata teratas di sepak bola Jepang ini memulai kick offnya pada Jumat (17/02/23) Februari.

Awak INDOSPORT sendiri mendapat kesempatan untuk menyaksikan laga-laga awal di pekan perdana J1 League 2023 bergulir.

Dari kesempatan ini memang awak INDOSPORT dibuat merinding oleh dukungan beberapa suporter tim J1 League dalam memberikan dukungan.

Memang di kancah sepak bola Jepang, ada beberapa tim yang dikenal punya fans yang militan dan sangat bergairah. Sebut saja Urawa Reds Diamonds, FC Tokyo dan Yokohama F. Marinos berada di salah satu dari fans paling militan di Jepang.

INDOSPORT pun melihat langsung bagaimana suporter Yokohama F. Marinos memberikan dukungan saat Yokohama F. Marinos menghadapi Kawasaki Frontale.

Dalam laga laga yang berlangsung di Stadion Kawasaki Todoroki ini memang dimenangi oleh tim tuan rumah Yokohama F. Marinos dengan skor 2-1.

Namun ada yang menarik dari itu semua. Di mana suporter Yokohama FC bernyanyi sepanjang laga dalam memberikan dukungan.

Dari pantauan INDOSPORT secara langsung, sejatinya suporter Yokohama F. Marinos hanya berjumlah 20/25% dari kapasitas yang diberikan. Namun meski kalah jumlah, mereka mampu terus bernyanyi dengan lantang.

Sekitar satu jam sebelum pertandingan dimulai, para fans Marinos sudah memenuhi tribun tamu dari Todoroki Stadium.

Sejak saat itu hingga sekitar 20-30 menit seusai laga, mereka bernyanyi tanpa henti untuk mendukung tim kesayangan mereka seperti yang terlihat di video di bawah ini.