Liga Indonesia

Faqih Maulana Debut Liga 1, Persis Solo Sumbang Pemain Lagi di Timnas U-20?

Sabtu, 25 Februari 2023 13:25 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© PSSI
Bek muda Persis Solo, Faqih Maulana, sudah mencatatkan namanya sebagai pemain muda yang bermain di Liga 1 2022/2023. Copyright: © PSSI
Bek muda Persis Solo, Faqih Maulana, sudah mencatatkan namanya sebagai pemain muda yang bermain di Liga 1 2022/2023.

INDOSPORT.COM - Bek muda Persis Solo, Faqih Maulana, sudah mencatatkan namanya sebagai pemain muda yang bermain di Liga 1 2022/2023. Catatan itu memberi kans Persis Solo menambah distribusi pemain ke Timnas Indonesia U-20.

Faqih Maulana harus menunggu lama untuk mendapatkan kesempatan di Liga 1. Pemain berusia 18 tahun ini menjadi salah satu pemain muda yang tahun ini dipromosikan dari tim Persis U-20.

Hanya saja, selama ini Faqih kesulitan mendapat menit bermain. Pasalnya, di pos bek kiri, ada dua nama senior dengan kemampuan bagus, yakni Abduh Lestaluhu dan Eky Taufik.

Kesempatan baru datang pada Selasa (21/02/23) lalu, ketika Abduh dan Eky absen karena larangan bermain.

Faqih tak akan pernah melupakan partai melawan PSS Sleman pada laga pekan ke-26 Liga 1 2022/2023. Laga di Stadion Maguwoharjo, Sleman, menjadi momen debut yang menyenangkan.

Faqih tak sekadar bermain bagus ketika dimasukkan menit ke-69 menggantikan Arapenta Poerba. Faqih juga bisa mengantarkan Persis Solo menang atas PSS Sleman 4-1.

Kesempatan bermain ini merupakan hasil kerja keras yang dilakukannya sejak kecil. Sebelum menjadi bagian Persis Solo, Faqih pernah membawa Bhayangkara FC menjadi runner up Elite Pro Academy (EPA) U-16 2019.

"Alhamdulillah saya sangat senang pastinya. Terutama saya ingin mengucapkan terima kasih kepada pelatih, manajemen dan rekan-rekan semuanya yang sudah memberikan dukungan selama ini," ujar Faqih.

Faqih pun menceritakan momen 20 menit waktu normal melawan PSS Sleman. Jebolan Garuda Select edisi III ini menyebut situasinya tidak mudah.

Faqih berperan sebagai bek sayap kiri. Di sektor tersebut, PSS Sleman punya sosok Rachmad Hidayat dan Rifky Suryawan yang kerap bertukar posisi.

"Rasa gugup pastinya ada, tapi saya mendapatkan dukungan yang luar biasa dari rekan-rekan senior, keluarga dan jajaran Persis agar rasa gugup tersebut hilang," ujar Faqih.