Bola Internasional

Main di Piala Asia, STY Bongkar Kesalahan Fatal Pemain Timnas U-20 yang Susah Diubah

Sabtu, 25 Februari 2023 02:01 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Subhan Wirawan
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pertandingan Timnas Indonesia vs Kamboja pada laga Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (23/12/22). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pertandingan Timnas Indonesia vs Kamboja pada laga Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (23/12/22).

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong mengatakan ada kekurangan para pemain yang hingga kini susah diperbaiki hingga jelang Piala Asia U-20 2023. Itu menyoal komunikasi di dalam lapangan.

Dari tiga kali pertandingan uji coba internasional melawan Fiji, Guatemala dan Selandia Baru, Shin Tae-yong melihat ada peningkatan dari permainan. Tapi, para pemain masih sering lakukan kesalahan passing.

Menurut pelatih asal Korea Selatan tersebut, semua kesalahan itu berawal dari buruknya komunikasi antara pemain. Bahkan, hal itu sulit diperbaiki di latihan hingga jelang keberangkatan ke Piala Asia U-20 2022.

"Seperti yang kita lihat di uji coba ada peningkatan, tapi pemain sering melakukan salah passing dengan begitu sama saja kita meruntuhkan diri. Apalagi pemain kita tak ada komunikasi, itu yang tak bisa diperbaiki," ujarnya.

"Saya jadi bingung kenapa masalah komunikasi ini tidak bisa diperbaiki,"

"Kalau komunikasi ini bisa diperbaiki pasti akan benar-benar akan berkembang lebih jauh dari sekarang," imbuh Shin Tae-yong.

Tak hanya soal permainan yang belum sempurna, Shin Tae-yong juga mengakui skuad yang dibawa saat ini belum sesuai keinginannya. Beberapa pemain andalan tidak bisa ikut serta di Piala Asia U-20 2023.

Beberapa nama andalan tidak bisa ikut seperti Marselino Ferdinan dan tiga pemain keturunan yakni Ivar Jenner, Rafael Struick dan Justin Hubner yang masih dalam proses naturalisasi.

Timnas U-20 membawa 23 pemain untuk beraksi di Piala Asia U-23 yang dimulai 1-18 Maret mendatang di Uzbekistan. Skuad Garuda Nusantara berada di Grup A bersama tuan rumah, Uzbekistan, Irak dan Suriah.

Dengan banyaknya kekurangan yang ada, Shin Tae-yong tidak menjanjikan prestasi tinggi di Piala Asia U-20 tahun ini. Dia meminta masyarakat agar tidak menaruh ekspektasi tinggi terkait penampilan Muhammad Ferrari dkk.