Liga Spanyol

5 Rekrutan Pertama Julen Lopetegui di Real Madrid, Siapa yang Masih Bertahan?

Senin, 27 Februari 2023 22:09 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Twitter/realmadrid
Julen Lopetegui dan Florentino Perez dalam pengumumannya sebagai pelatih baru Real Madrid. Copyright: © Twitter/realmadrid
Julen Lopetegui dan Florentino Perez dalam pengumumannya sebagai pelatih baru Real Madrid.

INDOSPORT.COM - Pelatih asal Spanyol Julen Lopetegui yang sekarang melatih Wolverhampton di Liga Inggris, ternyata pernah mengasuh Real Madrid. Siapa saja 5 pemain pertama yang dia datangkan ke Santiago Bernabeu?

Lopetegui merupakan salah satu pelatih yang pernah dipercaya untuk menjadi nakhoda bagi Timnas Spanyol beberapa tahun lalu.

Nama Julen Lopetegui sendiri melambung setelah dirinya melatih Timnas Spanyol U-19 dan U-21 saat itu. Bersama tim muda, dia meraih kejayaan dengan meraih gelar Euro 2012. 

Tak cukup sampai disitu, bersama David de Gea, Koke, Rodrigo, dan Thiago yang kala itu masih muda, Lopetegui berhasil membawa Timnas Spanyol U-21 juara Euro U-21 pada tahun 2013.

Mendapat kejayaan, Lopetegui justru tidak memperpanjang kontraknya melatih Timnas Spanyol muda, dirinya kemudian memilih FC Porto sebagai pelabuhan anyarnya pada 2014/15.

Mendapat pemecatan dari FC Porto, Julen Lopetegui tampaknya tidak direstui untuk menganggur lebih lama. Pada 2016, dirinya mendapat tawaran melatih tim senior Spanyol. 

Dirinya menggantikan Vicente del Bosque yang saat itu memutuskan untuk pensiun. Meski berat, namun Julen Lopetegui berusaha untuk melaksanakan tugasnya sebaik mungkin.

Akan tetapi, kegemilangan Lopetegui tak berjalan lama karena ulahnya sendiri yang membuat geram federasi sepak bola Spanyol. 

Dia pun didepak dari kursi kepelatihan Spanyol karena menyetujui kontrak bersama Real Madrid pada 2018 tanpa membicarakannya lebih dulu dengan federasi.

Ketika di Real Madrid, semua mata tersorot pada Lopetegui. Termasuk 5 rekrutan perdananya di Santiago Bernabeu, apakah masih ada yang bertahan sampai sekarang?