Liga Indonesia

Liga 1: Regulasi Pemain Naturalisasi Dirombak, Stefano Lilipaly Numpang Ngakak

Senin, 6 Maret 2023 17:55 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Subhan Wirawan
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Stefano Lilipaly dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia, Selasa (17/02/20). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Stefano Lilipaly dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia, Selasa (17/02/20).

INDOSPORT.COM – Pemain Borneo FC, Stefano Lilipaly, numpak ngakak terhadap regulasi pemain naturalisasi Liga 1 yang baru saja dirombak.

Hal tersebut dilakukan oleh Stafano Lilipaly sebagai bentuk respon terhadap salah satu regulasi unik yang ditetapkan dalam Liga 1 musim depan.

Sebelumnya, PSSI mengadakan sarasehan di Surabaya untuk menghasilkan beberapa ide baru dalam kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim depan, Sabtu (04/03/23).

Hasil dari sarasehan tersebut lantas dijelaskan oleh Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, pada Minggu (05/03/23).

Erick Thohir menjelaskan ada beberapa ide baru dalam regulasi yang akan diterapkan dalam ajang Liga 1 dan Liga 2 musim selanjutnya.

Khusus untuk Liga 1, akan diizinkan untuk mengunakan kuota 4+1. Artinya, Liga 1 diperolehkan menggunakan 4 pemain asing dan 1 pemain dari Asia.

Selain itu, Erik Thohir menjelaskan bahwa nantinya PSSI harus bisa ambil posisi untuk melakukan naturalisasi hanya satu orang di setiap tim.

“Aturan pemain asing disesuaikan dengan liga di Asia lainnya, jadi 5+1. Disepakati satu Asia Tenggara dan lima non,” jelas Erick Thohir.

“Kami silahkan saja, tapi PSSI juga ambil posisi kalau bisa naturalisasi hanya satu orang di tiap tim, jadi kami coba buat Batasan,” tambahnya.

Tak hanya itu, masih ada regulasi Liga 1 musim depan lainnya terkait pemain naturalisasi, yang bahkan mampu membuat Stefano Lilipaly ngakak.