Bola Internasional

Cek Fakta: Pernyataan Pelatih Suriah Hina Timnas Indonesia U-20 dengan Sebutan Kurcaci, Benarkah?

Selasa, 7 Maret 2023 22:19 WIB
Penulis: Miftahul Huda | Editor: Isman Fadil
© PSSI
Pertandingan antara Timnas Indonesia U-20 vs Suriah U-20 pada laga AFC U20 Asian Cup di Stadion Lokomotiv (Toshkent (Tashkent)), Sabtu (04/03/23). (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Pertandingan antara Timnas Indonesia U-20 vs Suriah U-20 pada laga AFC U20 Asian Cup di Stadion Lokomotiv (Toshkent (Tashkent)), Sabtu (04/03/23). (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Suriah, Mark Wotte dituding telah menghina Timnas Indonesia U-20 saat timnya kalah pada laga kedua fase grup Piala Asia U-20 2023, Sabtu (04/03/23).

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-20 berhasil menang tipis 1-0 atas Suriah, lewat gol yang dicetak oleh Hokky Caraka pada menit ke-34.

Hasil tersebut membuat Timnas Indonesia U-20 naik ke peringkat ketiga dengan mengoleksi tiga poin di klasemen Piala Asia U-20 2023.

Bersamaan dengan itu peluang skuat Garuda melaju ke perempatfinal masih terjaga dengan baik.

Namun, ditengah kabar bahagia ini, muncul sebuah informasi yang menuding bahwa pelatih Suriah, Mark Wotte masih belum terima dengan kekalahan tersebut.

Mark Wotte disudutkan telah menghina para pemain Timnas Indonesia U-20 dengan sebutan kurcaci karena memiliki postur tubuh yang tidak terlalu tinggi.

Hal ini diunggah oleh salah satu akun YouTube dengan nama akun Dafa Bola pada hari Sabtu (4/3/23).

Dari penelusuran INDOSPORT, video yang diunggah tersebut banyak yang menjelaskan jalannya laga Suriah vs Timnas Indonesia U-20 yang dihelat di Stadion Lokomotiv, Uzbekistan.

Hingga akhir video, tak ditemukan satupun pernyataan Mark Wotte yang menghina Timnas Indonesia U-20 saat berhasil mengalahkan Timnas Suriah.

Sayangnya, thumbnail dan judul video tersebut dibuat menyesatkan sehingga menyudutkan pelatih Suriah. Lantas bagaimana faktanya? Berikut penjelasan lengkapnya.