Bola Internasional

Bek Timnas Indonesia U-22 Alami Cedera Parah dan Wajib Naik Meja Operasi

Rabu, 8 Maret 2023 13:54 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Indra Sjafri soal melatih Timnas U-23 di SEA Games 2022. Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Indra Sjafri soal melatih Timnas U-23 di SEA Games 2022.

INDOSPORT.COM - Bek tengah Timnas Indonesia U-22, Muhammad Fadhil Adhitya dilaporkan mengalami cedera serius saat ikut pemusatan latihan di Jakarta untuk persiapan SEA Games 2023. Dia wajib naik meja operasi.

Fadhil mengalami cedera saat latihan, Kamis (02/03/23) lalu. Saat itu, ia tak bisa selesaikan latihan normal dan harus si papah usai latihan.

Ketika dikonfirmasi soal kondisi Fadhil, dokter Timnas Indonesia, Syarif Alwi mengatakan cedera bek PSKC Cimahi cukup serius. Pemain 20 tahun itu alami cedera ACL atau robekan pada ligamen dan wajib dioperasi.

"Fadhil hanya penguatan, karena dia cukup parah. Kemarin setelah MRI ternyata ACL-nya kena, jadi dia harus operasi," kata Papi, sapaan dokter Timnas.

"Sudah goyang lututnya, harus operasi karena kalau tidak, dia tidak bisa main bola lagi," imbuhnya.

Dokter Timnas menjelaskan, semua biaya operasi Fadhil akan ditanggung PSSI. Ia akan terus dipantau hingga jadwal untuk tindakan medis.

Fadhil diprediksi harus absen sekitar enam bulan, terhitung sejak operasi hingga latihan penguatan. Itu sudah sesuai prosedur seperti halnya pemain lain yang kena ACL.

"Mungkin sekitar enam bulan setelah operasi. Setelahnya kita lihat, latihan pelan-pelan disesuaikan kondisi, penguatan dulu kalau sudah oke baru latihan normal," jelas Papi.

Dengan cedera yang dialami, dapat dipastikan mimpi Fadhil untuk membela Timnas U-22 di SEA Games 2023 sirna. Dia harus fokus menyembuhkan cederanya jika ingin lanjutkan karir.