Liga Indonesia

Liga 1: Raih Kemenangan Dramatis atas RANS, Pelatih Persis Solo Ungkap Perubahan Strategi Penting

Sabtu, 11 Maret 2023 15:20 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© MO Persis Solo
Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina Arellano, memuji kerja keras timnya usai menang dramatis atas RANS Nusantara FC 3-2 pada pekan ke-29 Liga 1 2022-2023. (Foto: MO Persis Solo) Copyright: © MO Persis Solo
Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina Arellano, memuji kerja keras timnya usai menang dramatis atas RANS Nusantara FC 3-2 pada pekan ke-29 Liga 1 2022-2023. (Foto: MO Persis Solo)

INDOSPORT.COM - Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina Arellano, memuji kerja keras timnya usai menang dramatis atas RANS Nusantara FC 3-2, Jumat (10/3/23). Raihan tiga poin pada pekan ke-29 Liga 1 2022-2023 merupakan hasil dari perubahan strategi penting.

Laskar Sambernyawa tampil fantastis di Stadion Pakansari Bogor. Laga yang sempat tertunda 15 menit karena lapangan tergenang ini awalnya sangat sulit bagi Alexis Messidoro dkk.

Sebagai tim yang terbiasa menguasai bola dengan umpan-umpan pendek, aliran bola Persis Solo kerap terhenti karena genangan air. Ryo Matsumura tak bisa leluasa memanfaatkan kecepatan dan kelincahan yang dimilikinya.

Situasi itu dimanfaatkan RANS untuk mencuri gol lewat serangan balik. Makan Konate yang sejak awal diwaspadai Persis Solo menjebol gawang Gianluca Pandeynuwu menit ke-14.

Situasi Persis Solo semakin sulit ketika Eky Taufik mendapat kartu kuning kedua menit ke-34. Sejak itu Persis Solo harus bermain dengan sepuluh pemain.

Perubahan strategi berani kemudian dilakukan Persis Solo. Mereka memaksa Irfan Bachdim menjadi bek kiri, sekaligus gelandang sayap kiri.

Dalam situasi menyerang, Persis Solo seperti bermain dengan sebelas pemain. Namun ketika serangan itu gagal, hanya ada satu hingga dua bek yang bersiaga di belakang.

Strategi pun dibayar mahal dengan serangan balik RANS yang berbuah gol. Edo Febriansyah membawa timnya unggul menit ke-58. Meski tertinggal dua gol, Persis Solo tetap bertahan pada strategi yang sama.

Konsistensi ini berbuah manis. Diawali gol Irfan Jauhari menit ke-70, Persis Solo bisa menyamakan kedudukan lewat tendangan bebas Jaimerson Xavier menit ke-82.

Persis Solo menyempurnakan kebangkitan lewat gol kemenangan yang dicetak Alexis Messidoro menit ke-90+5. Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina Arellano, senang timnya bisa menjalankan strategi dengan maksimal.

"Pertandingan yang luar biasa karena RANS adalah tim yang bagus dengan pemain berkualitas, tapi kami melakukan kerja keras lebih ketika hanya bermain dengan sepuluh pemain," kata Leonardo Medina.