Bola Internasional

Cerita Striker Timnas Indonesia Soal Latihan di Bulan Puasa dan Persiapan Lawan Burundi

Jumat, 24 Maret 2023 07:50 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© PSSI
Striker Timnas Indonesia, Dendy Sulistyawan. (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Striker Timnas Indonesia, Dendy Sulistyawan. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Striker Timnas Indonesia, Dendy Sulistyawan mengaku tetap berpuasa secara penuh di hari pertama bulan Ramadan, Kamis (23/03/23). Dia tidak alami masalah, meski harus berlatih untuk persiapan FIFA match day.

Dendy mengatakan, latihan saat bulan puasa bukan hal baru. Itu sering dijalani saat membela klub di kompetisi, jadi sudah terbiasa.

Tapi, dia belum bisa memastikan apakah tetap berpuasa pada hari ketiga atau saat hari pertandingan uji coba melawan Burundi pada Sabtu (25/03/23) di Stadion Patriot.

Pasalnya, intensitas latihan dan pertandingan tentu berbeda. Saat bertanding, Dendy dan kawan-kawan tentu membutuhkan fisik dan tenaga yang prima karena harus berlari selama 90 menit. 

"Nggak ada (permintaan tidak berpuasa) biasa saja. Soalnya kami juga sudah sering dan saat main di liga juga sudah pernah. Jadi tidak ada masalah soal puasa," ujarnya.

"Hari ini saya puasa penuh dan semuanya juga demikian. Kalau untuk pertandingan besok, kita lihat situasi dululah kalau itu," imbuhnya.

Striker milik Bhayangkara FC itu juga mengungkapkan pemain muslim yang dipanggil ke TC Timnas Indonesia tetap jalankan tarawih. Mereka melakukannya di hotel usai latihan malam hari.

"Tarawih ya mungkin di hotel sama teman-teman. Secara pribadi tetap tarawih," jelas Dendy.

Untuk persiapan lawan Burundi, Dendy mengatakan tim pelatih telah menyiapkan taktik dan strategi. Pemain hanya perlu beradaptasi karena tim pelatih tentu mempertimbangkan kondisi pemain yang berpuasa.

"Persiapan adaptasi saja, mungkin karena puasa. Kami sekarang lagi fokus untuk menyesuaikan saja soalnya besok mainnya malam juga," ucapnya.