Bola Internasional

Durasi Puasa Ramadan 4 Pemain Indonesia di Luar Negeri: Bagus Kahfi Bisa Sampai 16 Jam!

Sabtu, 25 Maret 2023 12:32 WIB
Penulis: Martini | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© www.asterastripolis.gr
Bagus Kahfi saat ini bermain di Liga Yunani, Asteras Tripolis FC. Copyright: © www.asterastripolis.gr
Bagus Kahfi saat ini bermain di Liga Yunani, Asteras Tripolis FC.

INDOSPORT.COM - Bicara soal durasi puasa Ramadan empat pemain sepak bola Indonesia di luar negeri, Amiruddin Bagus Kahfi jadi yang paling lama, hingga tembus 16 jam.

Puasa merupakan aktivitas menahan lapar dan haus (tidak makan dan minum) selama terbit fajar hingga matahari tenggelam. Umat Muslim wajib berpuasa di bulan Ramadan.

Di Indonesia, puasa umumnya berdurasi 13 jam, namun di negara lain tentu berbeda. Ada negara yang durasi puasanya lebih pendek, ada pula yang sangat panjang.

Diketahui saat ini beberapa pemain sepak bola Indonesia coba melebarkan sayap dengan bermain di klub luar negeri.

Lantas, berapa lama mereka harus berpuasa di bulan Ramadan tahun ini? Apakah lebih singkat, atau justru lebih lama dari Indonesia? Berikut ulasan INDOSPORT.

1. Bagus Kahfi (16 jam)

Amiruddin Bagus Kahfi Al-Fikri, pesepak bola muda Indonesia yang membela klub Asteras Tripolis di Liga Yunani, tahun ini harus berpuasa dengan durasi hingga 16 jam.

Yunani merupakan salah satu negara bagian Eropa Tenggara yang terletak di sisi paling selatan, di Semenanjung Balkan. Durasi siang dan malamnya berbeda dari Indonesia.

Saat ini di Yunani sedang terjadi peralihan antara musim dingin menuju level hangat, sebelum memasuki musim panas pada bulan Juni mendatang. 

Maka, untuk puasa Ramadan juga terhitung lebih panjang dari Indonesia. Bagus Kahfi akan berpuasa selama 15-16 jam, mulai pukul 04.00 pagi hingga sekitar pukul 20.45.

Bagus Kahfi sendiri sempat masuk line up tim Asteras Tripolis vs Panaitolikos, Sabtu (18/3/23). Namun, ia belum berkesempatan menjajal lapangan untuk menjalani debut.

Baca berita sepak bola dan olahraga lainnya di