In-depth

Timnas Indonesia Terancam Sanksi Berat FIFA, Justin Hubner Makin Yakin Pilih Belanda?

Selasa, 28 Maret 2023 03:40 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© PSSI
Calon pemain naturalisasi, Justin Hubner telah bergabung dengan TC Timnas Indonesia U-20 di Turki. Copyright: © PSSI
Calon pemain naturalisasi, Justin Hubner telah bergabung dengan TC Timnas Indonesia U-20 di Turki.

INDOSPORT.COM - Ancaman hukuman berat dari FIFA untuk sepak bola Indonesia membuat Justin Hubner diprediksi semakin yakin untuk memilih gabung Timnas Belanda.

Seperti diketahui, sepak bola Indonesia sedang tidak baik-baik saja, setelah FIFA membatalkan drawing Piala Dunia U-20 2023 di Bali karena polemik penolakan Timnas Israel.

Batalnya drawing Piala Dunia U-20 2023 bisa saja membuat Indonesia mendapat hukuman berat dari FIFA. PSSI sendiri sejatinya sempat dihukum pada 2015 silam dalam kasus intervensi pemerintah.

Bila terkena sanksi, dunia sepak bola Tanah Air akan terdampak. Para pemain terbaik negeri ini khususnya Timnas Indonesia kehilangan kesempatan bersaing di pentas Internasional.

Salah satunya Timnas Indonesia U-20 yang akan bertanding di Piala Dunia U-20 2023. Bila FIFA mengganti status tuan rumah, dipastikan mimpi Ronaldo Kwateh dkk tampil di ajang bergengsi tersebut pupus.

Sementara itu, harapan Shin Tae-yong untuk memanggil bintang muda Wolves yakni Justin Hubner juga ikut terkubur.

Apalagi beberapa waktu lalu Justin Hubner telah bergabung di pemusatan latihan bersama timnas Belanda U-20, meski mendapat panggilan Timnas Indonesia U-20.

Ia juga telah terlibat langsung pada pertandingan uji coba antara Belanda U-20 vs Prancis U-20. Dalam laga itu, Justin Hubner sukses menjadi starter dan meraih kemenangan 2-1.

Sebenarnya harapan Timnas Indonesia U-20 untuk diperkuat Justin Hubner masih ada. Pasalnya Belanda sendiri malah gagal lolos ke Piala Dunia U-20 2023.

Tetapi masalah besar yang bakal menimpa sepak bola Indonesia karena polemik penolakan Timnas Israel di Piala Dunia U-20, membuat Justin Hubner kemungkinan ogah memperkuat Skuat Garuda.