Liga Indonesia

Hadapi Persebaya di Sleman, Persis Solo Berpotensi Mainkan Hugo Samir

Jumat, 7 April 2023 21:45 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Subhan Wirawan
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Hugo Samir dalam Pertandingan Timnas Indonesia melawan Guatemala di Turnamen Mini yang digelar PSSI jelang Piala Asia U-20 2023 di Stadion GBK, Selasa (21/02/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Hugo Samir dalam Pertandingan Timnas Indonesia melawan Guatemala di Turnamen Mini yang digelar PSSI jelang Piala Asia U-20 2023 di Stadion GBK, Selasa (21/02/23).

INDOSPORT.COM - Persis Solo berpotensi memainkan Hugo Samir pada laga pekan ke-33 Liga 1 2022/2023, melawan Persebaya Surabaya di Sleman, Sabtu (8/4/23). Kesempatan ini sebagai bagian dari upaya memotivasi bomber Timnas Indonesia U-20.

Persis Solo baru saja memberikan kesempatan debut Liga 1 pada Arkhan Kaka Putra Purwanto dan Dicky Daniel Pontolaeng.

Kesempatan ini datang saat Persis Solo kalah dari Persib Bandung 1-3 di Bogor, Selasa (4/4/23). Arkhan Kaka masuk menit ke-70 menggantikan Irfan Bachdim. Sementara Daniel menggantikan Gavin Kwan Adsit menit ke-87.

Masuknya Arkhan Kaka menjadi sejarah baru dalam perhelatan kompetisi Liga 1. Bomber Timnas U-17 itu mencatatkan debut saat usianya baru 15 tahun 7 bulan 2 hari.

Arkhan Kaka menjadi pemain termuda, menggeser winger Persija Jakarta, Donny Tri Pamungkas, yang mencatatkan debut pada usia 16 tahun 7 bulan 17 hari.

Debut berpotensi diberikan Persis Solo pada Hugo Samir saat partai melawan Persebaya. Anak kandung direktur akademi Persis Solo, Jacksen Tiago, sudah gabung tim setelah Timnas Indonesia U-20 proyeksi Piala Dunia U-20 2023 dibubarkan.

Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina, tak terang-terangan menyebut nama Hugo Samir yang akan diberi kesempatan debut. Ia hanya memastikan segala kemungkinan bisa terjadi.

"Ada kemungkinan debut kepada pemain muda yang lain, tapi paling penting adalah bagaimana melihat kebutuhan tim di atas lapangan,"

"karena saya tidak ingin hanya sekadar menempatkan pemain di dalam lapangan, tapi kita tidak memberikan support," kata Leonardo Medina, Jumat (7/4/23).

Potensi menampilkan pemain berusia 18 tahun itu cukup besar karena Persis Solo tak bisa memainkan Irfan Jauhari. Winger asal Ngawi ini berada di Jakarta bersama Kanu Helmiawan untuk gabung Timnas Indonesia U-22.