Liga Indonesia

Evaluasi PSS di Liga 1 22/23, Seto Berharap Perekrutan Pemain Lebih Efektif

Minggu, 9 April 2023 05:21 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Subhan Wirawan
© Media PSS Sleman
Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro. Copyright: © Media PSS Sleman
Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro.

INDOSPORT.COM - Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro, menyampaikan hasil evaluasi pada Liga 1 2022/2023. Seto menekankan pentingnya waktu perekrutan pemain lebih awal menatap musim depan.

Prestasi PSS tak sesuai harapan pada musim ini. Kehadiran Todd Ferre, Marckho Meraudje hingga Haris Tuharea belum cukup untuk mendongkrak performa tim Elang Jawa.

PSS Sleman dipastikan menjadi penghuni papan bawah meski baru saja menang atas Bali United 2-0. PSS masih ada di peringkat ke-16 dengan koleksi 34 poin.

Seto Nurdiyantoro pun berbicara penyebab timnya gagal berprestasi musim ini. Menurutnya, masa perekrutan awal tak berjalan maksimal karena waktunya sangat mepet.

"Evaluasi sudah kita berikan ke manajemen bahwa persiapan awal menjadi yang paling penting. Bagaimana tentang perekrutan pemain, bagaimana pengkondisian awal dari fisik tentang fisik, teknik dan taktik. Di proses awal, kami kehilangan waktu untuk itu," kata Seto Nurdiyantoro.

Seto memberikan masukan, namun tak menjamin bahwa dia masih ada di tim. Terbaru, sudah ada rumor tentang merapatnya pelatih asal Belanda, Robert Rene Alberts.

Robert Alberts disebut-sebut merapat ke PSS Sleman bersama penyerang naturalisasi asal Belanda, Ezra Walian. Seto mengaku hanya ingin PSS memiliki prestasi yang lebih bagus musim depan.

"Harapannya musim depan lebih maksimal, siapapun yang nanti terlibat di sana," tutur pelatih berlisensi AFC Pro ini.

Bila sesuai dengan sarasehan sepak bola di Surabaya pada awal Maret lalu, Liga 1 akan dimulai pada bulan Juli 2023. Seto menilai pergerakan bisa dimulai dari sekarang agar pilar bidikan di setiap lini tak lepas.

Saat ini, musuh PSS Sleman untuk berburu pemain bukan hanya 17 kontestan Liga 1, namun juga para kontestan Liga 2. Mereka juga ingin maksimal dalam memperebutkan tiket promosi ke Liga 1.

"Mungkin masih ada waktu dua bulan untuk mempersiapkan," ucap Seto.