Liga Indonesia

Iwan Bule 'Si Paling Ngerti' Shin Tae-yong, Bongkar Kerasnya Sang Pelatih Timnas

Selasa, 11 April 2023 14:27 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Perpisahan Mochamad Iriawan sebagai Ketum PSSI di depan pelatih Shin Tae-yong dan skuad Timnas Indonesia U-20 di Lapangan A Senayan, Rabu (15/02/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Perpisahan Mochamad Iriawan sebagai Ketum PSSI di depan pelatih Shin Tae-yong dan skuad Timnas Indonesia U-20 di Lapangan A Senayan, Rabu (15/02/23).

INDOSPORT.COM - Mochamad Iriawan alias Iwan Bule menjadi salah satu sosok yang paling mengerti Shin Tae-yong, pelatih kepala Timnas Indonesia yang super disiplin.

Sebagai mantan Ketua Umum PSSI yang mendatangkan Shin Tae-yong ke Indonesia, Iwan Bule mengaku pada awalnya ia tidak klop dengan pelatih asal Korea Selatan itu.

Namun seiring berjalannya waktu, Iwan Bule justru menjadi orang yang paling mengerti Shin Tae-yong dan keduanya jadi bersahabat.

Bahkan, sang pelatih bersedia mundur dari jabatannya andai Iwan Bule meninggalkan posisi Ketua Umum PSSI, saat Tragedi Kanjuruhan baru saja terjadi.

"Awalnya sih kita belum bisa match, tapi lama-lama dia tahu saya, saya tahu dia, dan dia cukup bagus," kata Iwan Bule saat jadi bintang tamu di Youtube Tiento Indonesia.

"Dia pelatih profesional, mengedepankan kemampuan yang ada dari pemain-pemain. Dia juga mempunyai road map yang cukup bagus, planning yang cukup baik juga."

Namun, Iwan Bule tak menampik jika Shin Tae-yong juga tak lepas dari kekuarangan.

Ia berharap pelatih Indonesia meneladani yang baik-baiknya saja, lalu dikembangkan oleh masing-masing pelatih di klub lokal.

"Tapi tentu semua tak ada yang sempurna, kekurangannya pasti ada. Saya sampaikan pada pelatih kita (lokal), kamu belajar pada Shin Tae-yong, apa kelebihan STY tersebut.

"Kelebihan dia bisa kamu adopsi, yang tidak dipunya, kelebihan kamu, Shin Tae-yong juga akan tahu, saling melengkapi lah."

Hingga saat ini Iwan Bule sudah turun dari jabatannya sebagai Ketua Umum PSSI, Shin Tae-yong juga terpantau masih menangani Timnas Indonesia jelang Piala Asia 2023.