Liga Indonesia

2 Nama Mantap Bela Indonesia, PSSI Masih Negoisasi dengan 1 Pemain Naturalisasi

Rabu, 12 April 2023 14:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Ivar Jenner dan Justin Hubner bersama keluarganya menyambangi kantor PSSI. Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Ivar Jenner dan Justin Hubner bersama keluarganya menyambangi kantor PSSI.

INDOSPORT.COM - Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga, mengatakan proses naturalisasi tiga pemain keturunan, yakni Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Justin Hubner belum sepenuhnya rampung. Pihaknya masih bernegosiasi dengan satu nama.

Berdasarkan informasi dari Arya, usai FIFA mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, hanya dua pemain keturunan yang tetap mau melanjutkan proses naturalisasi.

Sedangkan satu pemain lain disebut Arya sedang melakukan negosiasi  dengan PSSI. Banyak hal yang dibicarakan untuk meyakinkan pemain tersebut mau membela Skuat Garuda.

"Tiga naturalisasi itu karena ada Piala Dunia U-20. Sekarang Piala Dunia U-20-nya tak ada (dibatalkan), sekarang kami bernegosiasi lagi. Dua nama sudah menunjukkan titik terang, satu lagi masih negosiasi," kata Arya.

Diketahui, PSSI menaturalisasi Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Justin Hubner sesuai rekomendasi Shin Tae-yong untuk menambah kekuatan timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2023.

Namun, karena FIFA mencabut status tuan rumah dari Indonesia, maka Tim Merah-Putih otomatis batal berlaga di ajang tersebut.

Meski Arya Sinulingga tidak menyebut identitas salah satu pemain yang masih bernegosiasi, rumornya itu adalah Justin Hubner.

Sebab, pemain Wolverhampton Wanderers U-21 itu sempat mendapat panggilan untuk bela timnas Belanda U-20. Dia bermain dalam laga uji coba melawan Prancis U-20 pada 25 Maret silam.

Justin Hubner juga absen dalam Rapat Kerja Komisi III dan Komisi X DPR-RI bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga beserta PSSI pada 20 Maret lalu.

Padahal, rapat itu membahas pemberian kewarganegaraan Indonesia untuk Justin dan dua rekannya pada 20 Maret lalu. Berbeda dengan Justin, Ivar dan Rafael bergabung secara virtual.